Kebakaran di Pasar Rebo Ternyata Pabrik Penggilingan Kapas dan Lapak Pengepul Limbah, Kerugian Capai Rp500 Juta

JAKARTA – Api yang menghanguskan pabrik penggilingan kapas dan pengepul limbah plastik di Jalan Kesehatan RT03/11, Kelurahan Gedong, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur, berhasil dipadamkan petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Timur. Akibat kebakaran itu, Suparman (54) pemilik pabrik mengalami kerugian mencapai Rp500 juta.

"Objek yang terbakar seluas 300 m2. Saat ini sudah dalam pendinginan," kata Kepala Seksi Operasi (Kasiop) Sudin Gulkarmat Jakarta Timur, Gatot Sulaeman, Selasa 16 November.

Gatot mengatakan, kebakaran disebabkan dari adanya konsleting listrik di area tersebut sehingga timbul percikan api.

"Dari panel listrik di ruang mesin dan menyambar sekitarnya. Objek yang terbakar pabrik penggilingan kapas sehingga api cepat merambat. Saat ini sudah padam," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, kepulan asap hitam meninggi di udara. Asap itu berasal dari lapak rongsokan di Jalan Raya TB Simatupang, Kelurahan Cijantung, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur yang tengah dilanda kebakaran.

Api berkobar membesar lantaran objek terdapat barang-barang yang mudah terbakar sehingga api berkobar hebat.

"Laporan diterima sekitar jam 08.14 WIB dari warga bernama Zainudin. Diinformasikan bahwa lapak rongsokan terbakar di dekat RS Pasar Rebo," kata Kepala Seksi Operasi (Kasiop) Sudin Gulkarmat Jakarta Timur, Gatot Sulaeman, Selasa 16 November.