Eks Direktur Adidas Asia-Pasifik jadi Bos AirAsia Group, Konglomerat Malaysia Tony Fernandes: Beliau Banyak Pengalaman

JAKARTA - AirAsia Group hari ini mengumumkan penunjukan Colin Currie sebagai Chief Commercial Officer. Colin merupakan mantan Direktur Pelaksana Adidas Asia-Pasifik.

Ke depan, Colin bakal membantu mengembangkan strategi yang berfokus pada konsumen berbasis data untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan pencapaian target keuangan semua bisnis maskapai dan unit digital yang dimiliki oleh AirAsia.

"Kami sangat senang menyambut kedatangan Colin. Beliau membawa banyak pengalaman dari perusahaan global sebelumnya yang juga berfokus pada Asean," CEO AirAsia Group, Tony Fernandes, dalam keterangan resmi, Rabu, 10 November.

Tony berharap Colin dapat mendorong integrasi data dalam AirAsia Group untuk mempercepat pertumbuhan pendapatan dan menciptakan sinergi baru di projek-projek terbaru AirAsia.

"Pengangkatan Colin ini menunjukan sikap AirAsia bahwa kita akan segera keluar dari COVID. Ini juga sebagai pembuktian terhadap brand kami, terlepas dari masalah yang ada, dengan bergabungnya orang-orang hebat dalam perjalanan kami kedepannya," tuturnya.

AirAsia menyebut Colin sebelumnya menangani produk Adidas yang mencakup pasar China, Korea Selatan, Jepang, dan negara-negara Asia Tenggara serta Pasifik. Colin bertanggung jawab menjadikan Adidas sebagai salah satu merek konsumen paling ternama di kawasan ini, meningkatkan pendapatan perusahaan lima kali lipat di pasar China, dan menaikkan pangsa pasar dari posisi keempat menjadi pemimpin pasar dengan bersaing secara head-to-head.

"Beliau juga telah diakui atas perannya menyempurnakan model operasional brand serta mendorong pertumbuhan ke tingkat yang belum pernah tercapai sebelumnya," katanya.

Colin pun merasa senang bisa bergabung dengan AirAsia Group untuk membantu menggerakkan kinerja brand dan penjualan, khususnya untuk lini baru bisnis digital, menggunakan pengalaman dan pengetahuan yang dimilikinya.

"Saya selalu memantau perkembangan AirAsia yang luar biasa, dan saya yakin bersama dengan timnya yang penuh semangat, kami dapat mempercepat dan memperkuat kesuksesan AirAsia sebagai perusahaan teknologi dan gaya hidup digital terkemuka di Asean. Ini adalah saat yang tepat untuk bergabung bersama AirAsia dimana revolusi sedang dimulai untuk menyambut era digital," jelasnya.

Keputusan untuk mendatangkan sosok berpengalaman asal Malaysia ini menegaskan komitmen dan fokus strategis AirAsia untuk meningkatkan daya saing pasar lini bisnis barunya, termasuk airasia Super App beserta layanan-layanan e-commerce-nya.