Cara Membuat Formulir Survei dengan Mudah Menggunakan Google Form

YOGYAKARTA - Membuat kuesioner untuk melakukan survei atau mengumpulkan data penelitian saat ini dapat dilakukan dengan mudah. Anda tidak perlu lagi mendatangi responden satu persatu untuk memintanya mengisi kuesioner Anda.

Pengguna dapat menyebar kuesioner secara daring dan mengajukan daftar pertanyaan melalui Google Form. Dengan begitu, kegiatan penelitian atau survei Anda tidak akan terganggu meskipun sekarang tidak bisa menemui responden secara langsung karena pandemi.

Google Form sendiri merupakan fitur gratis yang disediakan oleh Google, dan bisa digunakan oleg semua pengguna. Anda pun hanya perlu mengunjungi halaman Google Form untuk menggunakan fitur tersebut.

Adapun cara kerja survei yang dilakukan menggunakan Google Form adalah surveyor atau orang yang melakukan survei membuat formulir di Google Form dan membagikannya kepada responden melalui link tautan yang mereka bagikan melalui pesan instan.

Untuk membantu Anda menggunakan fitur Google Form, tim VOI telah merangkum langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk melakukan survei secara daring.

Cara Menggunakan Google Form

Sebelum menggunakan fitur Google Form, pengguna harus membuat akun Google terlebih dahulu, atau gunakan email untuk masuk. Jika Anda belum memiliki email, maka dapat membuatnya terlebih dahulu.

Jika Anda sudah memiliki akun Google maka dapat langsung mengunjungi laman Google Form, atau klik "Google Form" di mesin pencarian Google, sehingga Anda akan dibawa ke situs Google Form.

Selanjutnya, Anda dapat masuk ke Google Form, dan langsung membuat formulir kosong atau memilih template yang sudah disediakan dengan klik ikon plus, atau new form.

Beri judul pada formulir yang Anda buat, kemudian deskripsi dari formulir tersebut. Selanjutnya, Anda dapat membuat kolom pertanyaan atau kolom lainnya, sesuai dengan kebutuhan survei Anda.

Pengguna dapat memilih sejumlah model kolom pertanyaan misalnya pilihan ganda, yang membutuhkan jawaban "Ya" atau "Tidak". Pertanyaan dengan jawaban singkat berupa deskripsi 1 paragraf, dan kuesioner dengan jawaban memilih kotak.

Selain itu, Anda juga membuat format tanggal dan waktu, mengatur jawaban tersebut akan diunggah dalam format foto atau dokumen tertentu setelah diisi oleh responden.

Setelah formulir selesai dibuat, Anda dapat klik "Send" yang berada di pojok kanan atas untuk menyimpan sekaligus mulai menggunakan formulir tersebut untuk survei.

Terakhir, bagikan kuesioner yang Anda buat kepada responden yang sudah Anda pilih. Anda dapat membagikan kuesioner Google Form tersebut melalui pesan instan seperti WhatsApp, atau platform lainnya.