Rekomendasi Sayuran yang Bisa Difermentasi, Cocok Bagi Penggemar Makanan Asam
Sayuran lobak (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Sayuran bisa difermentasi untuk diolah menjadi makanan. Salah satu makanan hasil fermentasi sayuran yang populer dan banyak digemari adalah kimchi khas Korea. Lacto-fermented vegetables atau sayuran fermentasi sebenarnya bukanlah hal yang baru. Ada beberapa sayuran yang bisa difermentasi. 

Sebenarnya dalam sayuran sendiri sudah terdapat lactobacillus atau bakteri baik. Bakteri Lactobacillus bekerja mengubah gula di dalam sayuran menjadi asam laktat ketika sayuran didiamkan di tempat tertutup atau bebas oksigen. Asam laktat tersebut yang kemudian mencegah tumbuhnya bakteri berbahaya, serta berperan sebagai pengawet sayuran dan menimbulkan rasa aasam. 

Sayuran yang Bisa Difermentasi

Ada beberapa sayuran yang bisa difermentasi. Cara memfermentasi sayuran juga cukup mudah. Anda tinggal memasukkan atau merendam sayuran di dalam air garam, kemudian simpan di tempat wadah bersih dan tertutup rapat. 

Berikut ini beberapa sayuran yang bisa diferementasi:

Sawi Putih

Sawi putih memang terkenal sebagai bahan pembuatan kimchi. Sawi putih menjadi salah satu sayuran yang kerap difermentasi. Setelah proses fermentasi selesai, biasanya sawi puti tersebut kemudian digunting dalam ukuran kecil-kecil. 

Brokoli

Sayuran lainnya yang juga bisa difermentasi adalah brokoli. Setelah seminggu difermentasi, brokoli akan memiliki tekstur yang renyah. Brokoli hasil fermentasi pun punya rasa lezat yang cocok dicampurkan bersama salad. 

Mentimun

Mentimun juga menjadi salah satu sayuran yang sering difermentasi. Mentimun kerap digunakan sebagai bahan utama acar. Cara memfermentasi mentimun bisa dilakukan dengan memotong atau mengirisnya kecil-kecil. 

Buncis

Anda juga bisa memfermentasi sayuran buncis. Sayuran ini jarang berubah warna saat difermentasi, dan justru bisa semakin crunchy, Hasil fermentasi sayuran buncis biasnya dijadikan makanan pendamping yang lezat. 

Lobak

Sayuran lain yang juga sering difermentasi adalah lobak. Cara memfermentasi lobak yakni dengan diparut atau memotongnya seperti stik kentang. Kemudian potongan lobak tersebut direndam di dalam air garam untuk fermentasi. 

Demikianlah beberapa sayuran yang bisa difermentasi untuk dikonsumsi. Jika Anda penggemar makanan dengan rasa asam, Anda bisa mencoba memfermentasi sayuran-sayuran di atas. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.