Bagikan:

YOGYAKARTA - Posisi desa sebagai bagian dalam wilayah geografis sebuah negara tak bisa dipandang remeh. Desa memiliki peran penting dalam berbagai sektor kehidupan, mulai dari pangan, perairan, ekonomi, dan sebagainya. Pada saat pandemi COVID-19 melanda, desa mampu menjadi penyangga negara ketahanan pangan. 

Desa banyak dilihat sebagai wilayah terpencil, tertinggal, dan belum modern. Banyak orang menilai peradaban di desa tidak semaju dengan perkotaan. Padahal keduanya tak bisa dibandingkan dengan tolok ukur yang sama. Ada indikator tersendiri untuk melihat kemajuan desa. 

Kini ada banyak desa-desa termaju di Indonesia yang memiliki penilaian indeks desa membangun (IDM) tertinggi pada tahun 2022. Desa-desa tersebut terbukti mumpuni dalam beberapa sektor, seperti ekologi/lingkungan, ekonomi, pangan, dan sebagainya.

Indesk Tingkat Kemajuan Desa di Indonesia

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menetapkan tiga indeks dalam mengukur kemampuan sebuah desa. Ketiga indeks tersebut, di antaranya adalah indeks ketahanan ekonomi (IKE), indeks ketahanan sosial (IKS), indeks ketahanan ekologi/lingkungan (IKL).

Hasil dari ketiga penilai tersebut akan menentukan kategori masing-masing desa. Ada 5 kategori tingkat kemampuan desa, yaitu desa mandiri, desa berkembang, desa tertinggal, atau desa sangat tertinggal.

Kemendes mencatat desa di Indonesia rata-rata tergolong dalam berkembang dengan IDM 0.6724. Sementara wilayah yang memiliki rata-rata IDM tertinggi adalah Bali dengan nilai 0.8269. Selain itu, kisaran 60,69 persen desa di Bali berstatus mandiri. 

Sementara itu, desa-desa dengan IDM terkecil berada di Provinsi Papua dan Papua Barat. Rata-rata desa di Papua berstatus sangat tertinggal, yaitu Papua dengan IDM 0.4676 dan Papua Barat dengan IDM 0.5184.

10 Desa Termaju di Indonesia 

Jumlah desa yang ada di Indonesia tercatat sebanyak 74.955. Dari total desa tersebut, sudah 10 desa yang memiliki indeks desa membangun (IDM) tertinggi pada tahun 2022. 

Berikut desa termaju di Indonesia tahun 2022:

  • Desa Peliatan 

Desa di Kabupaten Gianyar , Bali, mendapat nilai IDM 0.9981 

  • Desa Panjalu 

Desa di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mendapat nilai IDM 0.9981 

  • Desa Gentengkulon

Desa di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, mendapat nilai IDM 0.9981 

  • Desa Oro-Oro Ombo

Desa di Kabupaten Kota Batu, Jawa Timur, dapatkan nilai IDM 0.9981 

  • Desa Sidomulyo

Desa di Kabupaten Kota Batu, Jawa Timur, dapatkan nilai IDM 0.9981 

  • Desa Ubung Kaja

Desa di Kabupaten Denpasar, Bali, mendapatkan nilai IDM 0.9962 

  • Desa Merkawang

Desa di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, mendapatkan nilai IDM 0.9943 

  • Desa Mengwitani

Desa di Kabupaten Badung, Bali, dapatkan nilai IDM 0.9924 

  • Desa Lengkong

Desa di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, mendapatkan nilai IDM 0.9906 

  • Desa Gentengwetan

Desa di Banyuwangi, Jawa Timur, dapatkan nilai IDM 0.9905

Provinsi Tanpa Desa Tertinggal 

Kemendes mencatat hanya lima provinsi yang tidak terdapat desa dengan kategori tertinggal dan sangat tertinggal. Berikut provinsi di Indonesia yang berhasil mengembangkan desa-desanya.

Bali

Terdapat 386 desa mandiri, 218 desa maju, dan 32 desa berkembang.

DIY

Terdapat 184 desa mandiri, 2.511 desa maju, dan 1.671 desa berkembang.

Jawa Timur

Terdapat 1.490 desa mandiri, 3.906 desa maju, dan 112 desa berkembang.

Itulah desa-desa termaju di Indonesia dan cara mengkukur tingkat kemajuan sebuah desa. Desa mandiri terbanyak tercatat berada di Provinsi Jawa Timur. Sementara rata-rata IDM tertinggi berada di wilayah Bali.