JAKARTA - OpenAI meluncurkan kemampuan baru yang memungkinkan pengguna untuk dapat melakukan percakapan suara dengan ChatGPT di Android dan iOS, serta memasukkan gambar ke dalamnya di semua platform. 

"Mereka menawarkan jenis antarmuka baru yang lebih intuitif dengan memungkinkan Anda melakukan percakapan suara atau menunjukkan kepada ChatGPT apa yang Anda bicarakan," tulis perusahaan dalam pengumumannya pada Senin, 25 September. 

OpenAI mengatakan bahwa kemampuan yang mendukung obrolan suara dan gambar ini akan memberikan Anda lebih banyak cara untuk menggunakan ChatGPT. 

Dengan memasukkan suatu gambar, seperti tempat terkenal, ChatGPT nantinya akan memberikan Anda saran tentang apa saja yang menarik dari tempat tersebut. 

Tidak hanya itu, OpenAI juga mencontohkan, jika Anda mengambil foto isi lemari es dan dapur Anda, maka ChatGPT akan memberitahu menu makan dan resep yang Anda perlukan.

Kemampuan ini juga akan membantu pengguna dalam menyelesaikan soal matematika, dengan hanya "mengambil foto, melingkari kumpulan soal, dan minta dia berbagi petunjuk dengan Anda berdua," kata perusahaan. 

Mulai hari ini hingga dua minggu ke depan, kemampuan obrolan suara dan gambar di ChatGPT hanya akan diluncurkan untuk pengguna Plus dan Perusahaan saja. Namun, fitur ini akan hadir ke semua platform di masa mendatang. 

"Suara akan hadir di iOS dan Android (ikut serta dalam pengaturan Anda) dan gambar akan tersedia di semua platform," tambahnya. 


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)