JAKARTA - Napoli menyingkirkan klub Serie B Italia Palermo di babak awal Coppa Italia. Kemenangan telak 5-0 atas lawannya dalam duel di Stadion Diego Armando Maradona, Napoli, Jumat, 27 September 2024 dini hari WIB, membawa Napoli bertemu Lazio di babak 16 besar.

Napoli sudah berada di jalur menang. Juara Serie A Italia 2023 ini sukses menembus papan atas di klasemen sementara. Napoli yang kini ditangani Antonio Conte pun bertahan di Coppa Italia. Tim menunjukkan tren positif sehingga pemain kian percaya diri menghadapi laga berikutnya.

Bahkan performa dan pencapaian Napoli sudah sangat berbeda dibandingkan musim lalu. Saat itu, Napoli yang menyandang status juara bertahan hanya finis di peringkat 10. Mereka juga tersingkir di Coppa Italia dan Liga Champions di 16 besar.

Kini, Napoli sudah tampil beda sejak diarsiteki Conte. I Partenopei pun siap bersaing memperebutkan gelar juara.

"Tim ini tak bisa dibandingkan dengan musim lalu. Saat ini, kami memang sedang membangun mentalitas pemenang, kata pemain depan Giacomo Raspadori kepada Radio Italia 1.

"Bermain konsisten selama 90 menit seperti pertandingan ini merupakan hal yang mendasar. Anda harus memiliki irama permainan yang tak berubah sepanjang pertandingan," ucapnya.

Dalam duel itu, Napoli masih terlalu kuat bagi Palermo yang saat ini menduduki peringkat 12 di klasemen Serie B. Pertandingan baru berjalan tujuh menit, Napoli sudah membobol gawang lawan.

Pemain sayap Cyril Ngonge membuka pesta gol setelah menuntaskan assist dari Raspadori. Tendangan keras dia gagal diselamatkan kiper Salvatore Sirigu yang sesungguhnya nyaris menangkap bola.

Unggul 1-0 menjadikan Napoli kian agresif menekan lawan. Hasilnya, Ngonge langsung mencetak brace lima menit kemudian. Lagi-lagi, tendangan keras Ngonge gagal diselamatkan Sirigu.

Selanjutnya, bek Juan Jesus turut menyumbang gol. Sundulan dia yang menyambut sepak pojok meluncur deras ke gawang Palermo membawa Napoli unggul 3-0 di menit 42. Skor itu bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Napoli tidak lagi bermain dengan tempo tinggi. Meski demikian, mereka tetap menunjukkan dominasinya.

Sementara Palermo mengalami kesulitan mengembangkan permainan mereka. Apalagi gelandang Aljosa Vasic kemudian mendapat kartu merah setelah melakukan pelanggaran berat terhadap pemain Napoli Billy Gilmour di menit 58. Wasit langsung mengeluarkan kartu merah karena aksi dia sangat membahayakan pemain lain.

Dalam posisi bermain dengan 10 orang, Palermo kian kesulitan menghadapi serangan Napoli. Hasilnya, tuan rumah menambah gol saat David Neres membobol gawang lawan di menit 70.

Gelandang anyar Scott McTominay turut menyumbang gol di laga tersebut. Pemain yang didatangkan dari Manchester United ini mencatatkan nama di papan skor setelah mencetak gol di menit 77.

McTominay menyelesaikan assist dari eks koleganya di MU, Romelu Lukaku. Skor berubah menjadi 5-0 untuk Napoli dan bertahan hingga laga usai.

Pelatih Conte menunjukkan kepuasannya atas penampilan Napoli. Apalagi, mereka menunjukkan konsistensi. Setelah menang besar 4-0 atas Cagliari dan kemudian bermain imbang 0-0 melawan Juventus, tim asuhannya pun melanjutkan sukses di Coppa Italia.

"Pemain lama dan mereka yang baru bergabung sudah bisa menyatu dengan sangat baik. Kami bermain dengan sangat bagus di pertandingan ini," kata Conte.

"Kami memang membangun kembali tim yang didasarkan pada pemain yang membawa energi baru. Mereka juga menunjukkan sebagai pemain yang sangat serius," ucapnya.

Keberhasilan lolos ke 16 besar Coppa Italia membawa Napoli bertemu tim Serie A, Lazio. Kali ini, Lazio yang bertindak sebagai tuan rumah.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)