JAKARTA - Spanyol melakukan pemanasan sebelum berlaga di Euro 2024 dengan hasil maksimal. Pada laga uji coba di Stadion Son Moix, Mallorca, Minggu, 9 Juni 2024 dini hari WIB, Spanyol menghajar Irlandia Utara 5-1. Gelandang Barcelona Pedri sukses mencetak brace di laga itu.

Menang telak, tetapi Spayol sempat dikejutkan oleh gol cepat Irlandia Utara. Pertandingan baru berjalan dua menit, gawang La Roja yang dikawal kiper Unai Simon sudah kebobolan lewat bek Daniel Ballard.

Sundulan Ballard yang meneruskan tendangan bebas Caolan Boyd-Munce sukses membobol gawang tuan rumah. Namun setelah tertinggal 1-0, Spanyol langsung bangkit dan menguasai permainan.

Spanyol pun tak butuh waktu lama untuk menyamakan skor. Pedri membuka pesta kemenangan lewat tendangan jarak jauh di menit 12. Ini merupakan gol pertama Pedri di timnas.

Hanya berselang enam menit, striker Alvaro Morata berhasil membalikkan keadaan dan Spanyol unggul 2-1.

Ini menjadikan Morata sudah mengemas 35 gol sekaligus menyamai rekor gol David Silva. Mereka menduduki peringkat empat sebagai top skor sepak bola Spanyol.

Gol Morata menjadikan pemain Spanyol kian bersemangat menekan pertahanan Irlandia Utara. Memasuki menit 28, Pedri sukses mencetak gol keduanya.

Dia menyelesaikan assist dari Nico Williams untuk membuat brace. Selanjutnya, Fabian Ruiz memantapkan keunggulan Spanyol menjadi 4-1 di menit 35. Skor itu menutup babak pertama.

Di babak kedua, Spanyol menambah satu gol lagi. Kali ini, Mikel Oyarzabal yang membobol gawang Irlandia Utara setelah menyambut umpan dari Lamine Yamal. Skor 5-1 untuk Spanyol bertahan sampai akhir laga.

Pedri mengaku puas bisa mencetak gol bagi timnas. Tim juga bermain bagus dan menunjukan respons tepat setelah tertinggal gol.

"Saya bahagia dengan pertandingan ini, terutama reaksi rekan-rekan. Lebih dari itu saya bahagia dengan gol pertama bagi timnas. Saya berharap bisa kembali mencetak gol," ucap Pedri.

Gelandang berusia 21 ini sempat terancam tak masuk timnas karena mengalami cedera. Performa dia juga sempat menurun.

Namun Pedri akhirnya bisa masuk timnas yang akan berlaga di Euro 2024. Dirinya termasuk pemain muda Barca selain Yamal yang masuk skuat.

Hanya saja Barca meminta kepada federasi dan pelatih timnas Luis de la Fuente agar tidak membawa banyak pemain muda mereka. Buntutnya, bek tengah Pau Cubarsi yang kemudian dicoret De la Fuente.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)