JAKARTA - Manchester City sempat tak yakin bakal kembali menjadi juara Premier League Inggris. Namun kekalahan Arsenal lawan Aston Villa di laga kandang menjadikan Man City mulai yakin bisa memenanginya lagi untuk keempat kali secara berturut-turut.

Man City kembali ke puncak klasemen setelah menghajar Fulham 4-0 di Stadion Craven Cottage, Sabtu, 11 Mei 2024 malam WIB.

Namun Arsenal masih bisa merebut kembali posisi puncak karena hanya terpaut dua poin dengan Man City yang memiliki 85 poin.

Hanya saja, Arsenal harus bisa mengalahkan rival bebuyutan Manchester United di Old Trafford, Minggu, 12 Mei 2024 malam WIB. Persoalannya MU berharap bangkit setelah terluka akibat kekalahan telak 4-0 saat melawan Crystal Palace.

Bila kalah lawan MU, maka harapan Arsenal meraih titel liga akhirnya terpaksa tertunda lagi. Pasalnya perolehan poin Man City sudah sulit dikejar lagi.

Kemenangan Man City atas Fulham menjadikan manajer Pep Guardiola lega karena mereka sudah kembali ke puncak.

Ini merupakan kemenangan ketujuh berturut-turut The Cityzens di kompetisi domestik. Mereka juga memperpanjang rekor tak terkalahkan selama 16 pertemuan dengan Fulham.

"Pemain menikmati pertandingan dan mereka mampu memberi tekanan terhadap lawan. Para pemain itu sudah bisa melakukannya selama beberapa tahun terakhir. Dan, mereka kembai melakukannya di beberapa pertandingan terakhir," ucap Guardiola.

Mantan pelatih Barcelona ini pun kian yakin Man City bisa merengkuh titel liga. Apalagi Man City masih memiliki dua pertandingan lagi melawan dua klub London, Tottenham Hotspur dan West Ham United.

Menurut dia keyakinan itu menguat setelah Arsenal yang menjadi rival utama dalam perburuan titel mengalami kekalahan 2-0 saat menjamu Villa di Emirates. Meski berhasil bangkit, namun nasib Arsenal sudah tak lagi sepenuhnya berada di tangan sendiri.

"Kami sudah bermimpi [juara lagi] sejak beberapa pekan lalu saat mereka (Arsenal) kalah saat melawan Aston Villa. Sampai laga terakhir, nasib kami sendiri yang menentukan," kata Guardiola.

Bahkan pelatih yang pernah mengarsiteki Bayern Munchen ini dengan sedikit jemawa menyatakan bila Man City bakal mencapai klimaks dengan menjadi juara saat melakoni laga pamungkas liga melawan West Ham yang digelar di kandang sendiri.

Momen juara yang sangat tepat karena Man City memenangkan liga di hadapan pendukung sendiri tanpa perlu bergantung pada pertandingan lain.

"Kami akan bermain menghadapi West Ham di kandang sendiri dengan nasib kami sepenuhnya di tangan kami sendiri. Ini bisa terjadi karena kami menyelesaikan pertandingan ini dengan sangat baik," ucapnya.

Di laga itu, bek Josko Gvardiol mencetak brace bagi The Cityzens. Sedangkan dua gol lagi dihasilkan Phil Foden dan Julian Alvarez dari titik penalti.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)