Singkirkan Celta Vigo, Real Sociedad Lolos ke Semifinal Copa del Rey
Pemain Real Sociedad Sheraldo Becker (kiri) merayakan gol yang membawa tim mengalahkan Celta Vigo di Copa del Rey. (X/@RealSociedad)

JAKARTA - Real Sociedad harus bekerja keras sebelum mengatasi Celta Vigo 2-1 di laga perempat final Copa del Rey di Stadion Abanca-Balaidos, Rabu, 24 Januari 2024 dini hari WIB. Sociedad pun lolos ke semifinal.

Celta Vigo menjadi lawan tak mudah bagi Sociedad dalam duel sesama tim La Liga Spanyol. Apalagi, Celta bermain di kandang sendiri.

Tuan rumah dimotori Anastasios Douvika yang menjadi top skor Copa del Rey bersama Asier Villalibre (Athletic Bilbao) setelah mengemas enam gol.

Namun Sociedad tampil mengejutkan. Pertandingan baru berjalan dua menit, gelandang Mikel Oyarzabal sukses membobol gawang lawan.

Gol berawal dari aksi Mikel Merino di daerah pertahanan Celta dan kemudian melepaskan umpan kepada Oyarzabal. Dirinya pun menyundul bola dari jarak dekat yang membobol gawang Celta. Skor 1-0 untuk Sociedad.

Setelah gol itu, pertandingan berjalan imbang. Kedua tim secara bergantian saling serang. Namun Celta unggul dalam penguasaan bola. Tercatat ball possession mereka mencapai 65%.

Hanya saja serangan mereka selalu kandas. Pertahanan kokoh Sociedad menyulitkan Celta untuk mencetak gol.

Sociedad sendiri secara perlahan mulai bangkit untuk menguasai permainan. Mereka pun mengancam gawang tuan rumah. Peluang terbaik diperoleh Merino di menit 23. Namun tembakannya ke gawang bisa digagalkan kiper Ivan Villar.

Sampai akhir babak pertama tidak ada perubahan skor. Sociedad masih unggul satu gol saat turun minum.

Di babak kedua, Sociedad sedikit lebih unggul ketimbang Celta. Serangan mereka berkali-kali mengancam pertahanan Celta.

Kesabaran pemain Sociedad membongkar pertahanan tuan rumah akhirnya membuahkan hasil. Pada menit 66, Sheraldo Becker sukses membobol gawang Celta.

Berawal dari Oyarzabal yang berperan dalam proses terciptanya gol. Dirinya memberikan umpan kepada Brais Mendez. Dia kemudian meneruskannya kepada Becker.

Dari luar kotak penalti, pemain asal Suriname ini melepaskan tendangan keras yang menembus jala Villar. Skor 2-0 untuk Sociedad.

Cekta hanya bisa memperkecil kekalahannya setelah Luca de la Torre mencetak gol di injury time. Ini jadi gol telat karena Celta sudah tidak punya waktu lagi untuk menyamakan skor. Sociedad menutup laga dengan kemenangan 2-1.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)