JAKARTA - The Doctor, Valentino Rossi telah memutuskan untuk tetap membalap di musim MotoGP 2021 mendatang. Menariknya sebagai pembalap pabrikan, Valentino Rossi justru akan memulai balapannya di tim satelit Petronas Yamaha SRT.

Kabar ini diumumkan Petronas Yamaha, setelah menyelesaikan kualifikasi Grand Prix Catalunya di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Spanyol pada Sabtu kemarin. Di mana juara dunia sembilan kali itu mengamankan posisi start dari baris terdepan. 

Di tim satelit Garpu Tala, Valentino Rossi akan berduet bersama Franco Morbidelli. Yang tak lain merupakan anak didiknya di VR46 Academy. 

"Start dari baris depan itu selalu jadi gagasan yang hebat karena sangat penting untuk balapan. Tapi bagi saya juga penting karena hari ini spesial saya gabung Petronas jadi saya akan membalap tahun depan," ujar Rossi kepada situs MotoGP.

Managing director Yamaha Lin Jarvis mengungkapkan bahwa Valentino Rossi, diusianya yang menginjak 41 tahun, masih sangat kompetitif untuk membalap di MotoGP. Sekalipun ia akan mulai berkompetisi di tim satelit. 

"Kami sangat senang hari ini datang. Kami sebenarnya menandatangani kontrak dengan Rossi 17 menit sebelum rilis pers dimulai," kata Jarvis di sesi jumpa pers GP Catalunya, seperti dilansir laman resmi MotoGP.

Rossi setidaknya memiliki satu tahun lagi untuk bertarung di MotoGP dengan dukungan penuh dari Yamaha. Dan menurut Jarvis, itu merupakan hal bagus.

"Dan seperti yang saya katakan di awal tahun, akan tidak benar jika dia harus mengakhiri kariernya di tahun yang terdampak COVID ini. Jadi saya kira dia lanjut itu luar biasa, bukan karena itu saja, tapi karena dia masih sangat kompetitif," kata Jarvis.

Valentino Rossi (dok. Antara)

Terbukti tahun ini menjadi tahun kompetisi yang sangat ketat dan Rossi mampu tampil konsisten bertarung di jajaran depan, dan bahkan baru saja mengamankan posisi start dari baris terdepan di Catalunya.

Rossi saat ini berada di peringkat sembilan klasemen dengan 58 poin, terpaut 26 poin dari pemuncak Andrea Dovizioso. Juara dunia sembilan kali itu bisa saja memperpendek jaraknya jika tidak mengalami kendala teknis di seri pembuka di Jerez dan pekan lalu di Misano.

Yamaha mempertahankan jajaran pebalap mereka untuk tahun depan, hanya melakukan pertukaran bangku antara Rossi dan Fabio Quartararo. Dan tahun ini, semua pebalap itu telah naik podium, tiga di antaranya sebagai juara grand prix.

"Kami rasa kami punya susunan pebalap yang fantastis. Dengan pengalaman yang dimiliki Valentino, dan juga pebalap muda yang kami punya seperti Maverick, Franco, dan Fabio, saya bisa katakan jika tahun ini kami punya susunan pebalap yang super dan saya sangat senang membawa itu semua ke tahun depan," pungkas Jarvis.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)