MOSKOW - Tim penyelamat Spanyol berhasil menyelamatkan 142 migran tanpa dokumen dari dua perahu kecil yang tiba di pulau Gran Canaria, Spanyol, kata Pusat Koordinasi Keamanan dan Kedaruratan Kepulauan Canary pada Jumat (19/7).

"Malam tadi, staf Layanan Penyelamatan Kepulauan Canary dan tenaga medis Palang Merah merawat 142 migran yang tiba di dua perahu di dermaga Arguineguin di Gran Canaria," tulis pusat tersebut di X.

Sebelas migran dibawa ke rumah sakit setempat dengan "masalah kesehatan ringan," tambahnya.

Lebih dari 5.000 migran telah meninggal dalam lima bulan pertama tahun 2024 ketika mencoba mencapai Spanyol melalui laut, yang berarti 33 kematian per hari, kata Caminando Fronteras, sebuah kelompok hak migran, pada bulan Juni.

Dari jumlah tersebut, 4.800 orang meninggal saat mencoba mencapai Kepulauan Canary.

Kelompok migran yang besar secara teratur mencoba menyeberangi perbatasan selatan dan pulau-pulau Spanyol.

Kementerian Dalam Negeri Spanyol mengatakan bahwa hampir 20.000 imigran tanpa dokumen telah tiba di negara tersebut sejak awal 2024 hingga 30 Juni 2024.

Jumlah tersebut merupakan peningkatan hingga sebesar 167 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)