JAKARTA - Taman Margasatwa Ragunan di Jakarta Selatan menjadi destinasi wisata alternatif selama libur panjang bagi warga Jakarta dan sekitarnya karena selain lokasinya yang nyaman juga pengunjung leluasa untuk mempelajari satwa yang ada di dalamnya.

"Di sini bagusnya kita liburan sambil edukasi juga, kalau di pantai atau mal ya begitu-gitu saja," kata seorang pengunjung Taman Margasatwa Ragunan (TMR) asal Banten, Arsyad di Jakarta, Sabtu.

Ia mengatakan kunjungan pada libur panjang kali ini untuk mengenalkan anaknya berbagai satwa yang ada di kebun binatang tersebut, di mana selain mengisi liburan mereka juga dapat ilmu terkait berbagai satwa.

Sementara itu, Staf Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (Humas) Taman Margasatwa Ragunan Wahyudi Bambang mengatakan selama libur yang dihitung sejak Kamis (9/5) hingga Sabtu (11/5) mendapat kunjungan lebih dari 60 ribu wisatawan.

Menurut dia pengunjung datang ke kebun binatang itu menggunakan berbagai moda transportasi, akan tetapi yang terbanyak roda dua.

"Pengunjung yang datang didominasi dengan kendaraan roda dua dan empat. Rinciannya, sepeda motor sebanyak 1.213 unit dan mobil 921 kendaraan," ujarnya.

Ia memprediksi puncak pengunjung terjadi Minggu (12/5). Apalagi pada pukul 10.00-10.30 WIB kebun binatang terbesar di Indonesia itu akan menggelar perayaan ulang tahun Gorila yang diberi nama Kumbo dan Kihi.

"Saya mengimbau kepada para pengunjung tetap menaati aturan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga keluarganya, khususnya anak-anak saat beraktivitas di TMR," katanya.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)