JAKARTA - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengaku bangga dengan partai yang dipimpinnya karena berhasil bertahan selama 12 tahun atau sejak tahun 2008 lalu. Dihadapan para kadernya dalam acara kongres luar biasa (KLB) Partai Gerindra, Prabowo kemudian bercerita di awal berdirinya partai berlambang garuda itu banyak orang yang meremehkan.

"12 tahun lalu kita diremehkan. Dulu ada yang bilang apa itu Gerindra, Gerindri. Ya kan," kata Prabowo dalam pidatonya saat acara KLB Partai Gerindra yang diadakan di Bukit Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 8 Agustus.

Meski diremehkan, saat ini, dia mengatakan sudah begitu banyak prestasi yang diperoleh oleh partai besutannya itu. 

"Dengan semangat kegembiraan, dengan optimisme kita jalan terus. Dihadang kita bangkit, dijatuhkan kita bangkit. Dikecewakan senyum, dihina malah kita tenang dan optimis selalu," tegasnya.

Dia kemudian menjelaskan sejumlah prestasi yang diperoleh partainya beberapa waktu belakangan. Salah satunya adalah menjadi partai kedua pemilik suara terbanyak di Pemilu 2020. Prabowo kemudian merinci, dari Pemilu 2019 setidaknya Gerindra berhasil mendudukkan 78 kadernya di kursi DPR RI. 

"Mungkin kalau kita lebih piawai lagi, kalau kita lebih lihai lagi, kalau kita silatnya lebih indah lagi mungkin suara bisa lebih. Tapi ini adalah hasil jerih payah, hasil kerja keras, terutama keberhasilan kita mengumandangkan harapan dan aspirasi rakyat," ujarnya.

Lebih lanjut, Prabowo mengaku bangga dengan partai dan kadernya. Sebab, selama 12 tahun ini mereka mampu bertahan. Berbeda dengan partai musiman yang hanya muncul jelang pemilihan umum.

"Ada partai yang banyak muncul cepat juga hilang. Partai kita mantap lahirnya pun mendadak. Kita dirikan dengan cepat, dengan pembangunan yang dari bawah tapi juga dengan suatu arah yang jelas," pungkasnya.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)