'Symphonie der Freundschaft' Digelar untuk Rayakan 70 Tahun Kerja Sama Indonesia - Austria
(ANTARA/Abdu Faisal)

JAKARTA - Sebuah pertunjukan musik klasik dipersiapkan untuk merayakan 70 tahun hubungan diplomatik Republik Indonesia dan Austria. Konser bertajuk 'Symphonie der Freundschaft' ini akan menampilkan orkestra kelas dunia.

Jakarta Concert Orchestra, Batavia Madrigal Singers, dan pemain violin Julian Walder dari Austria akan tampil dalam konser Symphonie der Freundschaft di Jakarta Concert Hall pada Rabu malam.

Dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu, konduktor paduan suara dan orkestra Avip Priatna mengatakan bahwa Julian Walder dalam konser tersebut akan menampilkan musik klasik karya Erich Wolfgang Korngold, komposer dan konduktor dari Austria.

"Korngold, seorang komposer abad 20, sebenarnya dia membawa warna musik yang ada sekarang," kata Avip dilansir dari ANTARA.

Para penyuka musik bisa menikmati musik klasik karya Korngold dalam konser musik langsung di Jakarta dalam Symphonie der Freundschaft.

Dalam konser tersebut, Walder akan membawakan Violin Concerto in D major OP.35 dari Korngold, yang dikenal menantang bagi para pemain biola.

Konser musik klasik pada Rabu akan dilanjutkan dengan konser pra-tur Jakarta Concert Orchestra bersama Batavia Madrigal Singers di Balai Resital Kertanegara pada 12 Oktober 2024.

Selanjutnya, pada pekan ketiga bulan Oktober, Jakarta Concert Orchestra bersama satu musisi dari Batavia Madrigal Singers dan satu solois akan menggelar konser di Kota Wina dan Salzburg, Austria.

Direktur Eropa I Kementerian Luar Negeri Widya Sadnovic menyampaikan bahwa konser Symphonie der Freundschaft sejalan dengan upaya Indonesia untuk memperkuat hubungan bilateral dengan Austria melalui jalur diplomasi budaya.

"Ke depannya, kami berharap dapat terus menggali potensi kerja sama di berbagai bidang, seperti pendidikan, seni, dan budaya, pertukaran pelajar dan seniman, serta pameran seni bersama," katanya.

Widya mengatakan, Pemerintah Republik Indonesia menyambut baik penyelenggaraan konser persahabatan untuk memperingati 70 tahun hubungan diplomatik dengan Republik Austria.

Melalui kolaborasi di bidang musik, Indonesia dan Austria dapat saling menghargai warisan musik dan budaya masing-masing serta mempererat hubungan.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)