JAKARTA - Dalam industri transportasi online yang semakin kompetitif, perusahaan baru maupun lama harus terus berinovasi untuk mempertahankan dan memperluas pangsa pasar mereka.
Salah satu bisnis yang menarik perhatian adalah inDrive, sebuah platform transportasi berbasis teknologi yang menawarkan pendekatan unik untuk menghadapi persaingan di pasar global.
Communication Manager inDrive Indonesia, Wahyu Ramadhan membeberkan langkah inDrive untuk menghadapi persaingan bisnis transportasi. Berikut kiat yang disampaikan Wahyu saat menyambangi kantor VOI pada Rabu, 30 Oktober 2024.
1. Harga Murah
inDrive merupakan salah satu platform layanan transportasi online sedang naik daun, dengan pendekatan menawarkan harga lebih fleksibel dan sering kali lebih murah dibandingkan pesaingnya.
Seiring dengan berkembangnya permintaan untuk layanan transportasi yang terjangkau, inDrive berhasil mencuri perhatian banyak pengguna dengan model harga yang berbeda dari platform lain.
"Harga layanan ride-hailing kami memang lebih terjangkau dibanding dengan kompetitor karena komisi yang dikenakan ke driver hanya 11%," katanya.
2. Mengutamakan Kualitas Layanan untuk Pengguna dan Pengemudi
Selain menawarkan harga murah meriah, InDrive juga dikenal karena mengutamakan kualitas layanan bagi penggunanya. Keunggulan ini menjadikan platform transportasi online ini semakin populer, tidak hanya di kalangan penumpang, tetapi juga di kalangan pengemudi.
"Dengan potongan yang rendah, manfaatnya dapat dirasakan oleh semua pengguna inDrive, driver kami bisa mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi, dan penumpang bisa menikmati layanan dengan tarif yang aman di kantong. Meskipun potongan komisi rendah, kami mampu mempertahankan kualitas layanan yang tinggi untuk produk-produk inDrive," ujarnya.
3. Manajer Terbuka dan Fleksibel
Dalam dunia bisnis yang terus berubah, seorang manajer yang terbuka dan fleksibel memiliki peran penting dalam memastikan kesuksesan perusahaan. Sikap ini tidak hanya menciptakan lingkungan kerja yang dinamis, tetapi juga memungkinkan perusahaan untuk beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan pasar dan kebutuhan pelanggan.
"Kuncinya adalah harus terbuka dengan segala kemungkinan apapun, seperti ketika kita bertemu dengan orang-orang baru dengan karakternya yang berbeda, kita harus bisa cepat beradaptasi dan mengikuti setiap ritmenya," ucap ungkapnya.
4. Memiliki Jaringan Luas
Jaringan yang baik memungkinkan perusahaan untuk menjalin hubungan yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak, mulai dari pelanggan, mitra bisnis, hingga investor.
另请阅读:
"Bekerja dalam dunia PR dan Marketing tentunya selalu ada plus dan minus serta tantangannya. Saya bisa mendapatkan kesempatan untuk terus menambah kenalan (networking) dari segala kalangan atau stakeholder," tuturnya.
"Selain itu banyak hal menyenangkan lainnya yang didapatkan seperti melakukan perjalanan bisnis dan bertemu dengan masyarakat dengan budaya yang berbeda-beda yang tentunya membuat saya semakin belajar," lanjutnya.
5. Menerima Masukkan
Seorang manajer yang efektif tidak hanya memimpin dengan otoritas, tetapi juga terus belajar dan terbuka terhadap masukan yang diterima. Dalam dunia bisnis yang selalu berubah, kemampuan untuk mendengarkan, belajar dari pengalaman, dan beradaptasi dengan masukan dari berbagai pihak sangat penting untuk kesuksesan perusahaan.
"Kuncinya adalah mau belajar dan menerima masukan serta attitude menjadi kunci utamanya. Banyak mendengar dan belajar hal baru untuk kemajuan diri sendiri juga." ucapnya.
The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)