YOGYAKARTA - Penderita asam lambung tidak bisa minum kopi seperti orang normal. Mereka harus membatasi minuman ini karena kopi bisa menimbulkan reaksi asam lambung. Bagi para penggemar kopi tentunya hal ini sangat menyiksa keinginan.

Namun penderita asam lambung nggak perlu bersedih, sebab ada beberapa jenis kopi yang aman diminum. Anda perlu memilih kopi yang aman untuk penderita asam lambung, sehingga tidak menimbulkan dampak buruk atau memperparah keadaan. 

Kopi memiliki sifat asam dan tinggi kafein yang bisa meningkatkan kadar asam lambung. Namun bukan berarti orang yang mengalami kondisi asam lambung tidak boleh minum kopi secara total. Lantas apa saja jenis kopi yang aman bagi penderita asam lambung dan tidak menimbulkan sakit maag?

Jenis Kopi yang Aman untuk Penderita Asam Lambung

Setiap jenis kopi memang mengandung kafein dan memiliki sifat asam. Namun kadar keasaman dan kafein dalam kopi dapat berbeda-beda tergantung dari jenis dan proses pembuatannya. Jika ingin meneguk kopi, penderita asam lambung harus memilih jenis kopi yang nggak terlalu asam dan kafeinnya rendah. 

Berikut ini beberapa jenis kopi yang aman diminum oleh penderita asam lambung:

Kopi Arabika

Kopi arabika adalah salah satu jenis kopi yang populer dan banyak diminati. Selain sering dikonsumsi, kopi arabika juga termasuk aman untuk lambung. Biji kopi arabika memiliki rasa yang sedikit asam dan manis. Kandungan kafeinnya cukup rendah sekitar 90 mg per cangkir, sehingga dianggap cukup aman untuk lambung.

Kopi Luwak

Kopi luwak adalah kopi khas Indonesia yang berasal dari biji kopi yang diolah secara alami oleh hewan luwak. Proses pembuatannya melibatkan fermentasi biji kopi di dalam perut luwak yang menghasilkan cita rasa segar dengan aroma yang lembut.

Menariknya, kopi ini memiliki kandungan kafein yang lebih rendah dan keasamannya tidak terlalu tinggi. Jadi kopi ini relatif aman untuk diminum penderita asam lambung. Secangkir kopi luwak hanya mengandung sekitar 45 mg kafein.

Espreso

Minuman kopi dapat diseduh dengan berbagai cara, salah satunya adalah metode espresso. Metode ini dilakukan dengan mengekstrak sari biji kopi menggunakan air panas dan tekanan dari mesin espresso.

Proses penyeduhan espresso biasanya lebih singkat dibandingkan dengan metode lainnya. Hal ini dapat mengurangi tingkat keasaman dan kadar kafein pada kopi, sehingga lebih aman untuk lambung. Sebagai gambaran, satu cangkir kopi espresso biasanya mengandung sekitar 90 mg kafein.

Kopi Dark Roast

Ketika membicarakan kopi yang umum dikonsumsi, biasanya kopi tersebut telah melewati proses pemanggangan (roasting) dengan berbagai tingkatannya. Salah satu tingkatannya adalah dark roast, yaitu pemanggangan kopi yang paling lama dan menyeluruh hingga hampir gosong.

Meskipun terlihat gosong, bukan berarti rasa kopi dark roast tidak enak. Rasa pahit memang dominan, namun aromanya sangat kuat dan nikmat. Namun kopi ini masih aman untuk lambung karena proses pemanggangan dark roast mengurangi keasaman dan kadar kafein. Kadar kafein dalam kopi dark roast hanya sekitar 50 mg per cangkir.

Kopi Susu

Tahukah kamu bahwa menambahkan susu ke dalam kopi dapat mengurangi risiko naiknya asam lambung dan sakit maag? Hal ini karena protein dalam susu dapat mengurangi efek kopi yang meningkatkan asam lambung.

Meskipun susu dapat membantu mencegah naiknya asam lambung dan maag akibat minum kopi, ini tidak berarti kamu bisa minum kopi susu lebih banyak daripada kopi biasa. Kopi dengan susu masih mengandung kafein dan tingkat asam yang sama dengan kopi tanpa susu, tergantung pada jenis kopi yang kamu gunakan. Oleh karena itu, konsumsinya tetap perlu dibatasi.

Kopi Chicory

Kopi chicory adalah salah satu alternatif kopi yang lebih aman untuk lambung karena kandungan kafeinnya rendah dan cenderung tidak asam. Namun perlu kamu ketahui bahwa kopi chicory sebenarnya bukan berasal dari biji kopi, melainkan dari akar tanaman chicory (Cichorium intybus) yang telah dipanggang dan digiling.

Meskipun bukan dari biji kopi, rasa dan aromanya mirip dengan kopi.

Demikianlah beberapa jenis kopi yang aman untuk penderita asam lambung. Meskipun sejumlah kopi di atas terbilang aman bagi pengidap asam lambung, namun tetap perlu membatasi jumlah konsumsinya. Baca juga jarak minum kopi setelah minum obat

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)