JAKARTA - Kalau sebelumnya ada resort di Maldives yang menawarkan bekerja sambil berlibur, kini ada Taman Nasional Jepang yang beramai-ramai menawarkan fasilitas bekerja di taman hiburan tersebut.

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan ekonomi pariwisata dan juga memberi solusi baru bagi pekerja yang merasa bosan saat bekerja di rumah saja.

Disebut sebagai workation, berbagai taman nasional di Jepang mulai bekerja sama dengan hotel dan tempat penginapan sekitar untuk menyediakan paket menginap di sekitar taman nasional.

“Kami ingin masyarakat dapat bekerja secara remote sembari beristirahat dalam lingkungan yang jauh dari kehidupan mereka sehari-hari,” kata perwakilan Kyukamura Kishu Kada resort kepada Japan Times pada Selasa, 29 September.

Ruangan yang tersedia ini nantinya akan memiliki stop kontak serta koneksi WiFi untuk mendukung aktivitas bekerja.

Tidak lupa, pihak penginapan dan taman nasional akan memberikan makanan kepada pengunjung. “Kami ingin menawarkan rencana di mana pengunjung dapat bekerja pada pagi hari dan menikmati trekking bersama keluarga di siang hari,” kata perwakilan hotel.

Ada beberapa taman nasional yang menerapkan program ini, yaitu Setonakai, Aso-Kuju, dan Nikko.

Program ini dibuat agar masyarakat Jepang bisa merasakan liburan tetapi tetap dekat dengan rumah mereka agar terhindar dari penyebaran COVID-19.

Selain Jepang, ada Maldives yang menyediakan fasilitas serupa untuk pengunjung. Negara Barbados juga memperbolehkan siapapun untuk berpindah sementara ke negara mereka untuk bekerja remote selama satu tahun.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)