JAKARTA - PT MMS Group Indonesia (MMSGI), grup usaha di sektor energi dan properti, kembali menegaskan komitmen pada keberlanjutan. Dalam CSR Awards 2024: Impact Symphony di Hotel Aryaduta, Jakarta, Kamis 24 Oktober malam, MMSGI menerima penghargaan “Most Impactful Program Prosperity” dari Investortrust.id dan Bumi Global Karbon Foundation atas kontribusinya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menjaga lingkungan melalui program tanggung jawab sosial.

Melalui PT Multi Harapan Utama (MHU) sebagai anak usaha, MMSGI mengimplementasikan program CSR yang memberikan dampak nyata bagi komunitas sekitar area operasional. Penilaian penghargaan ini mencakup kriteria perusahaan yang telah memiliki Sustainability Report serta secara transparan melaporkan Social Return on Investment (SROI) dari program CSR sesuai standar internasional Global Reporting Initiative (GRI).

Margareta, yang hadir mewakili Direksi MMSGI, menyatakan penghargaan ini sebagai bukti komitmen MMSGI dalam tanggung jawab sosial.

"Penghargaan ini mencerminkan hasil kerja keras tim MMSGI serta kolaborasi solid dengan para mitra dan pemangku kepentingan. MMSGI berkomitmen tak hanya pada pertumbuhan ekonomi, tetapi juga menjaga kelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat," ungkapnya.

Kemitraan MMSGI dengan BUMDesa Payang Sejahtera menjadi salah satu program utama yang berhasil meningkatkan pendapatan BUMDes dari Rp4,6 miliar pada 2019 menjadi Rp27,6 miliar pada 2023, dengan nilai SROI 4,27 yang menandakan keberhasilan dan kelayakan program ini.

Program ini mencakup pengembangan usaha seperti pabrik kompos, layanan katering, laundry, housekeeping, dan pembangunan Water Treatment Plant (WTP). Selain itu, BUMDesa juga berkontribusi dalam kegiatan sosial, seperti distribusi sembako dan bantuan hewan kurban bagi masyarakat sekitar.

Pendampingan BUMDesa Payang Sejahtera ini, MMSGI turut mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDG) seperti Desa Tanpa Kelaparan (SDG 2), Pendidikan Berkualitas (SDG 4), Air Bersih dan Sanitasi (SDG 6), serta Pertumbuhan Ekonomi Desa (SDG 8).

Selain bermitra dengan BUMDes, MMSGI juga mengelola program CSR lainnya seperti pendidikan kesetaraan Paket A, B dan C, industri pertukangan berbasis komunitas dengan memanfaatkan kayu lokal, dan kelompok ternak lestari. Program ini dirancang dengan Sustainable Livelihood Approach (SLA) dan dievaluasi secara berkala menggunakan metode SROI, memastikan peningkatan kualitas hidup masyarakat.

CEO MMSGI, Sendy Greti, turut mengapresiasi penghargaan ini.

"Penghargaan ini merupakan sinergi baik antara MMSGI, pemerintah, mitra, dan masyarakat. Dengan berpegang teguh pada prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) sebagai landasan setiap langkah kami, MMSGI mengimplementasikan program CSR yang berdampak positif dan berkelanjutan, guna mendukung kesejahteraan masyarakat serta menjaga kelestarian alam. Ini sejalan dengan visi Driving Sustainability Way Forward," ujar Sendy Greti.

MMSGI tidak hanya berfokus pada pertumbuhan bisnis tetapi juga aktif menciptakan nilai sosial berkelanjutan melalui berbagai inisiatif CSR. Penghargaan “Most Impactful Program Prosperity” ini semakin mengukuhkan komitmen MMSGI untuk membangun masa depan yang sejahtera dan berkelanjutan bagi semua.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)