Mau Beli Asuransi Mobil? Ketahui Caranya dari DuitPintar.com
Foto: Istimewa

JAKARTA - Perkembangan teknologi saat ini sangat mempermudah para calon nasabah untuk beli asuransi mobil secara online. Kamu tinggal cek websitenya, email atau telepon customer service, maka sudah bisa beli asuransi mobil.

Namun, ada juga jenis orang yang lebih sreg untuk tahu penjelasannya dari agen atau perusahaan asuransi secara langsung dengan cara mendatangi kantor pelayanannya. Langkah ini dianggap lebih meyakinkan karena mendengar langsung dari agen atau pihak asuransi, sehingga banyak hal detail yang bisa langsung diklarifikasi.

Ada pula jenis orang yang tidak mau ribet dengan memakai jasa broker asuransi. Broker asuransi merupakan pihak yang dapat membantu kamu untuk berkonsultasi jenis asuransi mobil apa yang tepat sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Kelebihan broker asuransi juga sering memberikan harga promo menarik dan membantu kamu dalam pengajuan klaim asuransi. Lewat broker asuransi, kamu juga bisa memilih jenis asuransi kendaraan yang kamu inginkan

Pertanyaannya sekarang, bagaimana cara beli asuransi mobil yang paling sesuai untuk kamu pahami? Mari simak ulasan berikut!

Cara Membeli Asuransi Mobil

Kata teman asuransi mobil A bagus, kata teman yang lain asuransi mobil B justru lebih bagus. Kamu sebagai orang yang berniat untuk membeli asuransi mobil pasti bingung harus ikut yang mana.

Tenang, membeli asuransi mobil untuk kendaraan milik pribadi memang tidak boleh asal pilih dan ikut kata teman. Pasalnya, kebutuhan manfaat perlindungan dan kemampuan budget setiap orang jelas berbeda.

Saran terbaik adalah kamu juga harus melakukan reviewsendiri agar memiliki gambaran tentang perusahaan asuransi yang kamu inginkan.

Berikut ini beberapa faktor yang harus kamu pertimbangkan ketika melakukan review beberapa perusahaan asuransi mobil:

- Kualitas dan kredibilitas perusahaan serta rasio solvabilitasnya (RBC)

- Manfaat perlindungan, layanan tambahan dan fasilitas yang ditawarkan

- Biaya premi sesuai manfaat dan kemampuan budget yang dimiliki

- Jaringan rekanan bengkel yang luas

- Jenis asuransi mobil utama dan perluasan jaminannya dipilih sesuai kebutuhan

Mengutip dari DuitPintar.com, jenis asuransi mobil yang bisa kamu pilih secara umum ada dua, yaitu asuransi All risk dan asuransi Total Loss Only (TLO).

Asuransi All risk adalah perlindungan yang dapat memberikan jaminan ganti rugi mulai dari kerusakan atau kerugian kecil/ringan, berat hingga kehilangan atau pencurian.

Asuransi TLO adalah perlindungan yang dapat memberikan jaminan ganti rugi untuk kerusakan atau kerugian 75% atau lebih hingga kehilangan atau pencurian.

Sedangkan untuk perluasan jaminannya, kamu harus membayar premi tambahan diluar premi utama All risk atau TLO, sehingga pilihlah sesuai kebutuhan, antara lain:

- Kerusuhan, huru-hara, terorisme dan sabotase

- Bencana alam seperti angin topan, badai, banjir & tanah longsor, gempa bumi, tsunami, letusan gunung berapi

- Tanggung Jawab Hukum Pihak ke-3

- Personal accident

Di sisi lain, kenyamanan cara beli asuransi mobil setiap orang pun berbeda-beda. Ada yang cukup membeli asuransi mobil secara online, ada yang harus bertemu agen atau pihak asuransinya dan membaca dokumen secara utuh, ada pula yang membeli asuransi mobil tidak mau ribet melalui jasa broker asuransi.

1. Beli asuransi mobil secara online

Hanya dengan menggunakan smartphone di manapun selama koneksi internet stabil, kamu bisa langsung cari di mesin pencari tentang perusahaan asuransi apa yang diinginkan. Kamu bisa cek langsung website-nya, ajukan pertanyaan melalui email atau langsung telepon customer service-nya.

Beli asuransi mobil secara online ini cocok untuk kamu yang super sibuk dan ingin cari tahu terlebih dahulu tanpa harus bertemu agen dan mendatangi kantornya.

Kalau sudah yakin dengan pilihan kamu, langsung saja tanyakan bagaimana caranya untuk menjadi nasabah asuransi tersebut secara online.

Kemungkinan besar kamu hanya akan diminta mengirimkan beberapa foto atau scan dokumen terkait registrasi calon nasabah. Pastikan kamu sudah mengetahui jenis asuransi apa yang kamu inginkan dan siapkan pertanyaan jika memang kamu ingin penjelasan lebih detail.

Namun, jika jawaban customer service dari pihak asuransi tersebut kurang meyakinkan atau memuaskan bagi kamu, tidak ada salahnya juga lho untuk tidak langsung menjadi nasabahnya. Kamu tetap bisa menyimpan penjelasan informasinya sebagai bahan pembanding untuk perusahaan asuransi yang lain.

Tak sedikit asuransi mobil yang saat ini sudah memberikan kenyamanan dalam proses pendaftaran, pengiriman dokumen polis hingga pengajuan klaim secara online. Jadi tidak perlu ribet bolak balik ke kantor cabang layanannya.

2. Beli asuransi mobil dengan agen atau perusahaan asuransi langsung

Jika kamu sudah melakukan review perusahaan asuransi secara online dan yakin bahwa asuransi mobil inilah yang kamu cari, kamu bisa melanjutkannya dengan memastikan dan cari tahu informasi lebih detail dengan cara bertemu agen asuransi atau mendatangi kantor perusahaan asuransi tersebut.

Pastikan kamu membawa dokumen yang dibutuhkan agar proses registrasi dapat langsung dilakukan. Pastikan juga kamu membaca dan memahami ketentuan polis secara umum agar tidak terjadi kesalahpahaman di kemudian hari.

3. Beli asuransi mobil melalui broker asuransi

Mungkin masih banyak yang bingung peran dari broker asuransi. Broker asuransi adalah pihak atau lembaga untuk membantu calon dan nasabah asuransi.

Ada perbedaan jelas antara agen dan broker asuransi, ya! Broker asuransi berupa badan hukum atau lembaga yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), keberadaannya sendiri adalah untuk mewakili nasabah dan membantu nasabah untuk mendapatkan informasi dan asuransi terbaik.

Sedangkan agen asuransi berupa perorangan yang memiliki lisensi, bertugas menjual produk perusahaan asuransinya sehingga mereka mewakili pihak perusahaan asuransi.

Kalau kamu masih bingung memilih perusahaan asuransi yang paling tepat, maka dapat memanfaatkan jasa broker asuransi karena akan lebih netral memberikan kelebihan dan kekurangan dari berbagai perusahaan asuransi mobil.

Selain membantu kamu memilih asuransi mobil yang tepat, broker asuransi juga sering menawarkan berbagai promo biaya premi yang menarik, dan membantu kamu untuk pengajuan klaim jika musibah terjadi di masa depan.

Syarat Membeli Asuransi Mobil

Seperti dilansir https://id.wikipedia.org/wiki/Asuransi_kendaraan, asuransi mobil merupakan perlindungan terbaik untuk kendaran roda empat. Namun, sebelum memilikinya, penuhi syarat utamanya terlebih dahulu, yaitu memiliki kendaraan tersebut.

Agar kamu bisa mendapatkan manfaat perlindungan dari asuransi mobil, kamu juga harus mematuhi peraturan lain. Misalnya, sebagai pemilik kendaraan kamu wajib memiliki SIM.

Jika memiliki mobil tapi tidak memiliki SIM dan suatu hari mengalami musibah, sudah tentu kamu tidak akan bisa melakukan klaim asuransi karena memang sebagai pengemudi kamu tidak memiliki izin dan bersalah karena menabrak kendaraan lain.

Berikut ini beberapa syarat dokumen wajib yang harus kamu sertakan ketika membeli asuransi mobil, di antaranya:

- Mengisi formulir pendaftaran dari perusahaan asuransi mobil dengan benar dan lengkap. Data diri yang tidak lengkap nantinya justru bisa merugikan kamu di kemudian hari.

- Fotocopy Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)

- Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP)

- Surat Izin Mengemudi (SIM)

- KITAS atau KITAP (untuk WNA)

- NPWP atau SIUP.

Jika syarat sudah dilengkapi, pihak asuransi akan melakukan survei dan mengecek mobil kamu. Jika survei telah dilakukan dan dirasa sesuai dengan jenis asuransi yang diinginkan, maka polis asuransi kamu akan segera diproses untuk disetujui kedua belah pihak (perusahaan asuransi dan nasabah asuransi).

Setelah melakukan pembayaran premi, kamu pun sudah resmi menjadi nasabah asuransi mobil tersebut dan dapat merasakan manfaat perlindungan dan layanan yang ditawarkan.

Asuransi Mobil Penting, Belinya Tak Perlu Pusing!

Kalau kamu tertarik membeli asuransi mobil, pasti kamu sudah tahu pentingnya memiliki asuransi mobil. Asuransi mobil memang tidak hanya akan menyelamatkan finansial kamu dari kondisi musibah tidak terduga yang bisa terjadi kapan saja, tapi juga dapat memberikan rasa aman dan tenang setiap kamu berkendara.

Mobil merupakan kendaraan dengan nilai jual yang mahal, siapapun pemiliknya pasti tidak mau ambil risiko jika harus ganti rugi sendiri karena mobil rusak oleh tabrakan atau bahkan dicuri orang. Itulah mengapa asuransi mobil hadir untuk memberikan manfaat perlindungan yang bisa disesuaikan kebutuhan.

Untuk membelinya, kamu pun tidak perlu pusing lagi. Sesuaikan saja dengan waktu dan kondisi kamu. Apakah kamu jenis orang yang nyaman dengan membeli asuransi mobil secara online, langsung bertemu agen dan mendatangi perusahaannya langsung atau masih membutuhkan arahan dan bantuan untuk mendapatkan asuransi mobil terbaik melalui broker asuransi?

Kalau lebih nyaman dengan broker asuransi, maka kamu bisa mencari asuransi mobil dan produk proteksi lainnya sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial Anda di DuitPintar.com. DuitPintar.com adalah situs informatif dan edukatif seputar asuransi yang dikelola PT Anugrah Atma Adiguna.

PT Anugrah Atma Adiguna (Triple A) adalah pialang asuransi yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK sesuai dengan Kep-081/KMK.17/1992 tanggal 1 September 1992 dan juga sebagai anggota APPARINDO sejak tanggal 12 Juni 2001 dengan nomor 060-2001/APPARINDO/2019.

Di DuitPintar.com, Anda tak hanya bisa membandingkan polis-polis asuransi terbaik di Indonesia sekaligus melakukan registrasi secara online, proses registrasi, pemilihan polis yang sesuai budget, hingga melakukan klaim dengan mudah, proses yang cepat dan aman, semuanya akan dibantu pialang asuransi Anugrah Atma Adiguna. Jadi, jangan sampai salah, kamu harus memastikan hanya DuitPintar.com dari Triple A yang dipilih.

Membeli Asuransi Mobil untuk Kendaraan Baru atau Bekas?

Asuransi mobil merupakan perlindungan terbaik untuk kendaraan baru maupun bekas. Tidak sedikit kasus pencurian terhadap mobil bekas, lho!

Dengan asuransi TLO dan biaya preminya yang murah, pemilik kendaraan pun tetap akan merasa aman dan tenang ketika musibah seperti pencurian terjadi.

Itulah informasi mengenai cara beli asuransi mobil yang sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial kamu. Semoga bermanfaat!


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)