YouTube Kini Bisa Ingatkan Penggunanya untuk Tidak Begadang
Ilustrasi YouTube (Photo by Leon Bublitz on Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Platform berbagi video YouTube punya fitur yang bisa membantu penggunanya untuk tidak begadang hingga larut malam. Fitur baru ini diberi nama 'bedtime reminders' yang mengingatkan penggunanya untuk beristirahat sejenak kala menonton konten video di YouTube. 

Dilansir dari Tech Radar, fitur cegah begadang ala Youtube ini merupakan lanjutan dari fitur wellness and screen time yang telah lebih dulu ada sejak 2018. Penyematan fitur ini juga merupakan bagian dari inisiatif Google Digital Wellbeing. 

"Anda mengatur waktu mulai dan berakhir di Pengaturan Anda, termasuk apakah Anda ingin pemberitahuan itu mengganggu video atau menunggu hingga video selesai," ujar Google dalam postingan blognya, Jumat, 29 Mei.

Sejatinya kehadiran fitur ini bertujuan untuk membantu penggunanya dalam mengurangi durasi menonton video. YouTube menyadari, masalah ini meningkat sejak adanya lonjakan penggunaan gawai baik ponsel maupun komputer selama pandemi COVID-19. 

Situasi ini juga berimbas pada kenormalan baru karena semakin banyak waktu yang dihabiskan untuk menatap layar gawai. Terlebih banyak karyawan atau pelajar yang harus beraktifitas dari rumah. 

pengaturan YouTube (Google)

Untuk teknisnya, fitur bedtime reminders bisa diatur agar menginterupsi tayangan video yang sedang ditonton dengan waktu tertentu. Tak hanya itu, fitur ini juga bisa ditotak (dismiss) atau ditunda (snooze) setelah notifikasi pengingat di Youtube sudah di-setting.

"Anda mengatur waktu mulai dan berakhir di Pengaturan Anda, termasuk apakah Anda ingin pemberitahuan itu mengganggu video atau menunggu hingga video selesai," jelas Google.

YouTube mengatakan fitur tersebut telah tersedia pada aplikasi Android dan iOS. Melansir blog resmi Google, berikut cara mengaktifkan fitur Bedtime Reminder Youtube:

-Masuk (Sign In) ke akun Youtube.

-Buka Pengaturan (Settings).

-Klik bagian 'Ingatkan Saya Pada Waktu Tidur' (Remind Me When It's Time for Bed).

-Tentukan waktu mulai muai (start) dan berakhir (end) untuk pengingat.

-Pilih 'Tunggu hingga saya menyelesaikan video untuk memunculkan pengingat' (Wait until I Finish My Video to Show Reminder) jika ingin notifikasi pengingat muncul setelah video yang Anda tonton selesai.