Rangkuman Informatif Kasus COVID-19 Hasil Analisa Netray

Bagikan:

JAKARTA - Jumlah kasus positif dan angka kematian akibat COVID-19 di Indonesia terus bertambah tiap harinya. Demi memudahkan publik mendapat informasi detail dan luas, Socmed and Media Monitoring Netray membuka 'tangkapan radarnya' yang bisa diakses warganet secara bebas. Masyarakat luas bisa mengaksesnya di sini.

Per hari ini, 6 April, jumlah kasus positif COVID-19 secara nasional tercatat bertambah 218 kasus. Sehingga total kasus positif saat ini ada 2.491 kasus. Sementara jumlah kasus kematiannya tercatat sebanyak 209 orang, jumlah itu masih lebih banyak daripada yang berhasil disembuhkan sebanyak 192 orang. 

Tangkapan layar rangkuman Netray (Situs analitik Netray)

Di antara 32 provinsi di Indonesia, jumlah pasien positif COVID-19 terbanyak berada di DKI Jakarta dengan 1.232 kasus. Sementara daerah terbanyak kedua di tempati Jawa Barat dengan 263 kasus dan disusul Jawa Timur sebanyak 189 kasus pasien COVID-19.

Tak hanya menampilkan data sebaran pasien COVID-19 di Indonesia, Netray juga menampilkan data global secara real-time. Netray akan menyaring informasi-informasi terkait topik hangat yang sedang diperbincangkan di jagat media sosial.

Salah satu contohnya adalah artikel berjudul 'BPJamsostek dan Warteg Beri Makan Siang Gratis bagi Pengemudi Ojek Online' yang dipublikasikan laman Suara.com. Berdasarkan monitoringnya, Netray akan merangkum secara ringkas informasi yang ada dalam artikel tersebut.

Tangkapan layar rangkuman Netray (Situs analitik Netray)

Termasuk pula entitas dari tokoh atau narasumber yang ada dalam tulisan tersebut. Sebagai situs analitik Netray juga tak luma menyisipkan laman 'Read full article' dari laman berita yang disadur.

Netray juga menyaring percakapan dan komentar warganet, terkait topik berita atau informasi yang sedang hangat dibicarakan di jagat media sosial. Sebagai contoh pada kolom 'Recent statements', Netray dapat menampilkan reaksi dan komentar warganet terkait pemberitaan di media mainstream

"Tema BPJamsostek bersama warteg menunjukkan empati dan solidaritas kepada para pekerja ojek online di tengah wabah COVID-19," rangkum Netray menganalisis komentar warganet di Twitter.

Grafik dari jumlah pasien COVID-19 (Netray)

Berdasarkan monitoring Netray terkait COVID-19, menunjukkan saat ini ada 2.491 kasus pasien positif di Indonesia. 192 di antaranya berhasil sembuh, sedangkan 2019 dilaporkan meninggal dunia. 

Netray juga menampilkan grafik dari jumlah kasus infeksi virus corona di Indonesia, yang bersumber langsung dari situs pemerintah seperti BNPB.