Bagikan:

JAKARTA - Bill Gates, pendiri Microsoft dan salah satu orang terkaya di dunia, memberikan peringatan tentang potensi bahaya dari kecerdasan buatan (AI) di sebuah konferensi di London,  pekan ini. Namun ia juga mengakui bahwa AI adalah teknologi yang "luar biasa" yang dapat menyelamatkan manusia dari perubahan iklim dan penyakit. Gates menekankan bahwa teknologi ini harus digunakan oleh orang-orang yang memiliki niat baik.

Berbicara di Breakthrough Energy Summit di London, Gates mengatakan bahwa AI dapat digunakan oleh penjahat yang terlibat dalam serangan siber atau campur tangan politik. "Pertahanan harus lebih pintar daripada serangan. Dan kedua belah pihak akan menggunakan AI untuk meningkatkan permainan mereka," kata Gates.

Gates juga menyebutkan bahwa AI akan menjadi kekuatan yang baik dalam menyediakan perawatan kesehatan yang lebih baik dan mengatasi perubahan iklim, khususnya dengan menyebut energi fusi nuklir sebagai alternatif bersih untuk bahan bakar fosil.

AI memiliki potensi untuk mempercepat inovasi di berbagai bidang, termasuk medis dan pendidikan. "AI membantu kita memodelkan hal-hal dalam sains – memahami materi lebih baik, katalis, dan cara membuat protein. AI, di setiap bidang usaha, akan mempercepat inovasi," tambah Gates.

Skenario umum di mana AI dianggap berbahaya bagi umat manusia sering kali melibatkan 'robot pembunuh', namun dalam jangka pendek, perangkat lunak AI dapat menyebabkan bencana keamanan. Kekhawatiran ini didukung oleh kontroversi seputar Chrome yang mengumpulkan data pengguna bahkan dalam Mode Penyamaran.

Microsoft dan AI

Microsoft, perusahaan yang didirikan Gates bersama Paul Allen pada tahun 1974, saat ini merangkul AI dengan sepenuh hati melalui produk-produk seperti laptop bertenaga AI dan chatbot Copilot. Microsoft juga memberikan dukungan finansial kepada OpenAI, perusahaan teknologi California yang menciptakan ChatGPT.

Dengan nilai pasar sebesar 3,365 triliun dolar AS per Juni 2024, Microsoft tetap menjadi pemain utama dalam revolusi AI. Menurut laporan Business Insider, Gates telah 'secara diam-diam mengorkestrasi' banyak dari revolusi AI Microsoft ini.

Peringatan Bill Gates tentang AI menekankan perlunya penggunaan teknologi ini dengan niat yang baik. Meskipun AI memiliki potensi untuk membawa manfaat besar dalam bidang kesehatan dan lingkungan, risiko penggunaannya oleh pihak yang tidak bertanggung jawab harus diwaspadai.

Gates berharap AI akan digunakan untuk kebaikan, dengan fokus pada inovasi yang dapat membantu umat manusia mengatasi tantangan global.