Kode Bank BRI dan Cara Menggunakannya untuk Transfer ke Rekening Lain
Kode bank BRI (Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Setiap bank memiliki kode untuk melakukan transfer ke rekening berbeda. Misalnya kode bank BRI, perlu diketahui oleh para nasabah yang sering kirim uang atau transfer antar bank berbeda. Kode bank BRI tentunya berbeda dengan kode dari bank lainnya, seperti BCA, Mandiri, BNI, dan sebagainya. 

Transfer antar bank merupakan aktivitas transaksi yang umum dilakukan, baik untuk kirim uang ke keluarga atau teman, keperluan bisnis kepada klien, dan sebagainya. Pengguna rekening lain yang ingin transfer ke rekening BRI perlu memasukan kode khusus. Namun tidak sedikit orang masih belum tahu kode bank BRI. 

Kode bank BRI yaitu 002. Tiga digit angka ini wajib dimasukkan ketika Anda ingin melakukan transfer dari rekening lain menuju rekening BRI. Anda perlu memasukan kode tersebut bersama nomor rekening BRI penerima atau tujuan transfer. 

Cara Menggunakan Kode Bank BRI

Kode bank BRI adalah tiga digit angka yang digunakan sebagai istilah nomor bank atau kode transfer. Kode bank BRI 002 berfungsi untuk mengidentifikasi bank BRI dalam transaksi antar bank. Penggunaan kode dilakukan ketika transfer melalui ATM, mobile banking, sms banking, maupun di kantor cabang bank. 

Supaya tidak bingung ketika melakukan transfer antar bank, berikut ini cara menggunakan kode bank BRI untuk kirim uang melalui ATM:

  1. Datang ke mesin ATM dan masukan kartu Anda 
  2. Selanjutnya pilih Bahasa Indonesia dan masukkan PIN 
  3. Kemudian pilih menu lain
  4. Pilih dari rekening tabungan 
  5. Pilih opsi ke rekening bank lain 
  6. Masukkan kode bank BRI 002 (kode transfer bank BRI) dan diikuti dengan nomor rekening tujuan transfer 
  7. Maskukkan nominal atau jumlah transfer yang akan Anda kirim ke rekening tujuan
  8. Cek kembali informasi transfer Anda, kemudian klik “Ya” atau "Ok" jika semua data yang ditampilkan sudah benar 
  9. Transaksi selesai dan jangan lupa ambil kartu ATM Anda. 

Biaya Transfer Antar Bank

Besaran biaya transfer antar bank bisa bervariasi tergantung dari kebijakan masing-masing bank. Banyak pula bank yang membebaskan atau gratis biaya transfer antar bank. Namun umumnya banyak bank memberlakukan tarif transfer antar bank sebesar Rp 6.500 untuk sekali transaksi baik di mesin ATM, SMS banking, mobile banking, dan internet banking.

Biaya transfer antar bank ini perlu diketahui oleh nasabah supaya bisa memastikan jumlah uang yang dikeluarkan dalam sekali transfer. Apabila Anda melakukan transfer antar-bank menggunakan metode BI Fast, maka biaya transfer antar-bank hanya dikenakan Rp 2.500 per transaksi.

Kode Transfer Berbagai Bank

Setiap bank memiliki kode khusus tersendiri yang membedakan dengan bank lain dalam melakukan transfer. Jadi bagi Anda yang ingin melakukan transfer ke rekening bank lain maka wajib tahu kode dari masing-masing bank. 

Kode bank sudah tersedia lengkap di mesin ATM untuk memudahkan nasabah dalam melakukan transfer ke rekening lain. Namun supaya lebih mudah dan cepat, lebih baik Anda mencari tahu dan mengetahui dahulu kode bank dari rekening tujuan transfer.

Berikut ini adalah kode dari berbagai bank BUMN, bank swasta, hingga bank internasional lainnya yang ada di Indonesia:

  • Kode Bank BRI: 002
  • Kode Bank Mandiri: 008
  • Kode Bank BNI: 009
  • Kode Bank BTN: 200
  • Kode Bank BCA: 014
  • Kode Bank BTPN: 213
  • Kode Bank Mega: 426
  • Kode Bank Permata: 013
  • Kode Bank OCBC Indonesia: 028
  • Kode Bank Danamon: 011
  • Kode Bank Maybank Indonesia: 016
  • Kode Bank Panin: 019

Demikianlah informasi kode bank BRI dan kode bank lainnya yang perlu diketahui oleh nasabah. Setiap bank memiliki kode khusus masing-masing yang digunakan untuk melakukan transfer antar bank atau ke rekening lain. Baca juga limit tarik tunai bank BRI menurut jenis kartu.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.