Bagikan:

 

JAKARTA – Discord mengakui bahwa mereka selalu fokus menambahkan produk di versi desktop sejak tahun 2015. Hal ini membuat tampilan dari aplikasi di perangkat seluler seperti tertinggal.

Setelah bertahun-tahun, Discord akhirnya menyadari pentingnya aplikasi seluler mereka karena tak semua orang bisa bepergian dengan laptop. Kendala ini membuat Discord semakin yakin untuk memperbarui aplikasi selulernya.

“Jadi, sekitar setahun yang lalu, kami membentuk tim untuk menjalankan misi penting: membangun aplikasi seluler yang lebih baik,” kata perwakilan tim Discord, dikutip VOI dari siaran resminya.

Pengembangan ini akhirnya selesai pada Selasa, 5 Desember. Aplikasi Discord tidak dipaksa lagi untuk menyesuaikan tampilan desktop, tetapi dikembangkan dengan tampilan yang berbeda dan pas dengan layar sentuh.

“Ini adalah aplikasi yang lebih cepat dan lebih andal dibandingkan sebelumnya, dengan fitur baru yang membantu Anda dan teman Anda mengobrol dan berkumpul saat bepergian, seperti pesan suara, dan batas unggah file gratis sebesar 25 MB,” jelas Discord.

Pembaruan pertama yang Discord tambahkan adalah Tab Navigasi di bagian bawah layar. Tab ini sekarang memisahkan Server dan Pesan. Server akan memperlihatkan daftar saluran dalam versi horizontal, sementara pesan akan berisi Direct Message (DM) dan Group Direct Message (GDM).

Khusus di tab Pesan, pengguna bisa memfavoritkan DM atau GDM. Mereka juga bisa menjelajahi semua pesan, pin, file, lampiran, hingga pesan yang disematkan di kotak pencarian dengan mengetikkan keyword yang spesifik.

Pembaruan berikutnya yang Discord banggakan adalah User Interface (UI) saat berinteraksi dengan pengguna Discord yang lain. Menurut Discord, UI kali ini bisa membuat pengguna lebih nyaman saat berkomunikasi.

Selain itu, aplikasi Discord diklaim bekerja lebih cepat dari sebelumnya. Perusahaan itu mengatakan bahwa, “Kami mengurangi waktu buka aplikasi sebesar 55% di Android, 43% di iOS tahun ini. Kita tidak tahu bagaimana ini akan berakhir tanpa kita menciptakan perjalanan waktu.”

Sejalan dengan kecepatannya, Discord juga menjanjikan pengalaman menggunakan aplikasi yang lebih nyaman karena bug sudah teratasi. Discord mengatakan bahwa mereka telah memangkas setengah kerusakan di aplikasi seluler untuk pengguna Android.

Sebenarnya, masih banyak pembaruan yang Discord tambahkan di aplikasi seluler. Perubahan besar-besaran ini bisa dirasakan langsung oleh pengguna Discord dan iOS. Pastikan untuk memperbarui versi Discord di perangkat Anda untuk merasakan pembaruannya.