Bagikan:

JAKARTA - Statistik terbaru Kaspersky menunjukkan adanya penurunan terhadap ancaman siber yang terdeteksi di Indonesia, selama kuartal kedua  (April — Juni) tahun 2023.

Jumlah ancaman  online turun 30 persen menjadi 7.729.320 deteksi pada Q2 2023, dari yang sebelumnya berjumlah 11.083.474 deteksi di periode yang sama tahun lalu. Penurunan juga terjadi pada ancaman lokal dengan 13.015.667 deteksi, dari yang sebelumnya 13.533.656 deteksi di tahun lalu. 

General Manager untuk Asia Tenggara di Kaspersky, Yeo Siang Tiong mengatakan bahwa meskipun statistik menunjukkan penurunan ancaman online dan lokal domestik, menurutnya, jumlah pendeteksian masih relatif tinggi. 

"Populasi Indonesia dan penetrasi internetnya yang tinggi berarti terdapat lebih banyak data dan informasi sensitif yang menarik bagi para penjahat siber," tambah Yeo. 

Untuk terhindar dari serangan online, pakar Kaspersky menyarankan pengguna online untuk:

  • Periksa setiap tautan dengan seksama sebelum mengunjungi situs, terutama jika ada kesalahan eja atau penyimpangan lainnya.
  • Jangan percayai email dari pengirim yang tidak dikenal hingga Anda dapat memverifikasi keasliannya.
  • Jangan menginstal aplikasi dari sumber tidak tepercaya, meskipun aplikasi tersebut diiklankan secara aktif, dan blokir penginstalan program dari sumber tidak dikenal di pengaturan ponsel cerdas Anda
  • Jangan berikan izin aksesibilitas ke aplikasi apa pun yang memintanya - sangat sedikit program yang benar-benar membutuhkan kuasa atas hal ini.
  • Gunakan jaringan yang aman, terutama saat Anda mengunjungi situs web sensitif. Sebagai tindakan pencegahan minimum, jangan gunakan Wi-Fi publik atau tidak dikenal tanpa perlindungan kata sandi. Untuk perlindungan maksimal, gunakan solusi VPN yang mengenkripsi lalu lintas Anda. Selalu ingat: jika Anda menggunakan koneksi yang tidak aman, penjahat siber dapat secara diam-diam mengalihkan Anda ke halaman phishing.
  • Selalu jalankan sistem dengan program anti-malware terbaru dan berkualitas untuk membantu menyelesaikan sebagian besar masalah secara otomatis dan memperingatkan Anda jika ada ancaman.