Begini Cara Menggunakan Google Bard, Chatbot AI Terbaru yang Jadi Pesaing ChatGPT
Google Bard (Unsplash / Civils Daily)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Dalam artikel kali ini akan dibahas cara menggunaakan Google Bard, chatbot berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang menjadi pesaing ChatGPT.

Google Bard kini bisa bisa diakses oleh pengguna di seluruh dunia, termasuk Indonesia, setelah Google menghapus daftar tunggunya.

Dalam event Google I/O 2023, Google menyampaikan bahwa Bard tersedia dalam Bahasa Inggris di 180 negara. Selain itu, Google juga menambahkan opsi Bahasa Korea dan Jepang sebagai bagian dari rencananya untuk menghadirkan Bard dalam 40 bahasa.

Tak cukup sampai disitu, Google juga menggunakan language model baru bernama PaLM2 (Pathways Language Model) yang memiliki kemampuan matematika, logika dan penalaran.

"Alat canggih ini mampu memahami lebih dari 100 bahasa, memiliki kemampuan matematika, logika, dan penalaran, serta dilatih sebelumnya tentang Python, JavaScript, juga bahasa pengkodean lainnya," kata Google.

Saat pengguna menanyakan sesuatu, mereka akan mendapatkan jawaban selain teks, tetapi juga visual untuk memberi pengguna pemahaman yang jauh lebih baik tentang apa yang sedang mereka jelajahi.

Gambar juga dapat disertakan pengguna di samping teks dalam prompt mereka sendiri. Hal ini dapat meningkatkan imajinasi dan kreativitas dengan cara yang benar-benar baru.

"Untuk mewujudkannya, kami menghadirkan kekuatan Google Lens langsung ke Bard. Katakanlah Anda ingin bersenang-senang menggunakan foto anjing Anda. Anda dapat mengunggahnya dan meminta Bard untuk menulis teks lucu tentang keduanya," ucap Google.

Cara Menggunakan Google Bard

Sebagai informasi, Google Bard saat ini masih menjadi produk terpisah dari Google Search. Apabila Anda ingin mencobanya, Anda bisa mengikuti cara di bawah ini, sebagaimana dikutip dari ZDnet, Jumat 12 Mei 2023:

  1. Buka laman Google Bard di browser dan login

Untuk menjajal chatbot AI milik Google, Anda bisa membuka laman Google Bard di browser dan masuk dengan akun Google Anda.

  1. Memulai obrolan

Setelah login, Anda akan dibawa ke jendela obrolan. Jendela obrolan Google Bard telah dioptimalkan agar mudah dinavigasikan oleh pengguna.

Di sini, Anda akan dihadapkan pada sejumlah menu seperti, atur ulang obrolan, Aktivitas Bard, FAQ, Pembaharuan, Bantuan & Dukungan. Selain itu, jendela obrolan Bard juga memuat area teks yang bisa dimanfaatkan untuk memasukkan pertanyaan atau petunjuk di bagian bawah layar klik Kirim di sebelah kanan untuk mengirimkannya.

  1. Tulis permintaan Anda

Tahapan berikutnya, masukkan pertanyaan Anda di area teks dan kirimkan ke chatbott untuk melihat responnya.

Apabila Anda tidak puas dengan jawaban yang diberikan, klik ‘View other draft’ di sudut kanan atas untuk melihat draft lainnya yang disusun oleh Google Bard.

Demikian informasi tentang cara menggunakan Google Bard. Untuk mendapatkan berita menarik lainnya, baca terus VOI.ID.