Kendaraan Listrik Pengamanan KTT G20: Tak Main-main, Ada Ratusan Kendaraan Listrik!
Ilustrasi G20 Indonesia (Foto: BPMI Setpres/Lukas)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Korlantas Polri sudah menyiapkan 88 unit kendaraan beroda empat listrik dan 94 unit sepeda motor listrik untuk pengamanan dan pengawalan Konferensi Tingkat Tinggi G20 (KTT G20) di Bali. Hajatan internasional ini dijadwalkan berlangsung pada 15 sampai 16 November 2022. Itulah beberapa kendaraan listrik pengamanan KTT G20.

Untuk mengoptimalkan pengamanan itu, Korlantas Polri lewat Subditwal dan PJR Ditgakkum menggelar pelatihan kesanggupan personel dalam menerapkan kendaraan listrik. Pelatihan ini melibatkan 50 peserta member Korlantas Polri.

Kendaraan Listrik Pengamanan KTT G20

Kendaraan Listrik (Unsplash)

"Kami latihkan kepada semua anggota karena kami tahu fitur dan cara kerja kendaraan listrik berbeda dengan mekanik kendaraan fosil. Ini pelatihan tidak terpisah dari Operasi Pura Agung yang kami selenggarakan dalam pengamanan G20," ujar Asops Kapolri Irjen Agung Setya Imam Effendi, yang dikutip dari laman NTMC Polri hari ini, Jumat, 15 September 2022.

Sesudah pelatihan ini, diinginkan member Polri dapat mengerjakan pengamanan dengan bagus sehingga KTT G20 dapat berjalan dengan lancar. Petugas kepolisian juga dapat terus berlatih untuk mengendarai kendaraan listrik ini sampai perhelatan G20 berlangsung.

"Dalam pengerjaan aktivitas, pengamanan benar-benar kita 100 persen siap dan mengerjakan pengamanan dengan bagus. Aku yakin  ini dapat kita lakukan dengan baik," tuturnya.

Beberapa Layanan Lainnya

Sebagian layanan di antaranya yakni penyediaan shelter untuk motor listrik sebagai kendaraan selama KTT G20 berlangsung serta pengoptimalan jaringan broadband di Bali.

Head of Public Policy and Government Relations GoTo, Shinto Nugroho mengatakan, kendaraan listrik berbasis ojek online ini akan menolong mobilitas peserta KTT G20, sekalian menunjang transisi tenaga dalam mereduksi emisi karbon untuk menuju net zero emission.

"Kami percaya solusi kendaraan listrik GoTo bisa menunjang program transisi tenaga pemerintah, seirama dengan priorirtas Presidensi G20 Indonesia 2022," kata Shinto terhadap wartawan, Sabtu (22/10).

Jadi setelah mengetahui kendaraan listrik pengamanan KTT G20., Simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!