XL Bawa Layanan 4G ke Kawasan Terluar Lampung
Peresmian BTS XL di Lampung (dok. XL)

Bagikan:

JAKARTA - Provider XL Axiata (XL) terus bergerak dalam upaya meratakan askes internet 4G di Indonesia. Kali ini giliran wilayah terluar Lampung, tepatnya di Desa Bandar Dalam, Kecamatan Bengkunat Belimbing, Kabupaten Pesisir Barat.

XL menghadirkan infrastruktur telekomunikasi di Pesisir Barat, Lampung, melalui skema Universal Service Obligation (USO). Langkah yang sama pernah dilakukan XL saat menyediakan jaringan di Natuna, Seluma, Bengkulu, hingga Musi Rawas Utara di Sumatera Selatan

Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi mengatakan, XL telah mengoperasikan lebih dari 10 Base Transceiver Station (BTS) lewat program USI tersebut, yang mana kesemuanya sudah 4G. Pada Desember 2019, pihaknya mulai mengoperasikan BTS USO di Kabupaten Natuna, Kabupaten Seluma, Bengkulu, serta di Kabupaten Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan.

"Semua BTS USO itu merupakan bagian dari pembangunan dan pengoperasian jaringan USO di total 289 titik yang berlokasi di berbagai provinsi yang dilaksanakan XL Axiata sepanjang 2019," ujar Desy seperti dalam siaran persnya.

XL berharap keberadaan jaringan data 4G di setiap area, termasuk di Pesisir Barat tersebut dapat memacu memacu roda perekonomian masyarakat setempat untuk mempromosikan yang potensi ekonomi daerah atau meningkatkan produktivitas berbagai sektor, termasuk usaha kecil menengah. Selain itu, layanan 4G ini juga bisa menjembatani masyarakat sekitar dalam mengakses informasi yang setara dengan daerah lain.

Daerah Pesisir Barat memiliki potensi pariwisata, terutama wisata pantai. Tak sedikit wisatawan lokal dan mancanegara yang datang menikmati keindahan pantai dan juga dengan tujuan untuk surfing. Pesisir Barat juga memiliki potensi besar untuk dikembangkan yang berbasis pada pengelolaan sumber daya alam di sektor pertanian, perkebunan, kehutanan, kelautan, dan perikanan.

Head of Sales Lampung, Sumsel Outer, Bengkulu, Budi Utama Lubis, mengungkapkan selain jaringan USO, sejak Maret 2017, XL telah menghadirkan layanan 4G di Lampung dan masuk ke semua kota/kabupaten. Saat ini, infrastruktur jaringan XL Axiata di Lampung didukung sekitar 2.500 BTS, termasuk sekitar 1.900 BTS data (3G dan 4G).

Berbicara soal pelanggan di Lampung, XL menyebutkan ada lebih dari 800 ribu di sana, diklaim meningkat signifikan dibanding tahun sebelumnya. Hal itu seiring dengan peningkatan kualitas jaringan XL di Lampung dan sekitarnya. Sementara itu, mengenai penggunaan data di Lampung pun terus tumbuh signifikan, seperti pada momen Natal dan Tahun Baru 2020, trafik data meningkat 13 persen dari kondisi normal.

Saat ini XL terus melakukan perluasan infrastruktur jaringan layanan data di seluruh Sumatera dan pulau sekitarnya, sejalan dengan fokus perusahaan untuk terus mendorong perkembangan dan pertumbuhan penggunaan layanan data di daerah tersebut.

Tercatat lebih dari 24 ribu BTS, termasuk sekitar 18 ribu BTS data (3G & 4G) di seluruh Sumatera dan kepulauan sekitarnya yang menjangkau lebih dari 150 kota/kabupaten. Saat ini jumlah pelanggan XL Axiata di Sumatera mencapai sekitar 19 persen dari jumlah pelanggan nasional, dengan jumlah pelanggan data mencapai lebih dari 95 persen.