Malu Foto Selfie Anda Dilihat Orang? Aplikasi Ini Bisa Menyembunyikan Foto di Android Anda
Cara menyembunyikan foto dan video di Android (foto: iStock)

Bagikan:

JAKARTA - Salah satu cara untuk mengabadikan setiap momen yang dilewati adalah dengan mengambil gambar atau video menggunakan kamera handphone ataupun kamera digital. 

Semua foto yang Anda ambil dengan smartphone Anda berakhir di galeri foto perangkat Anda. Jika Anda ingin melihatnya lagi, Anda cukup membuka galeri dan mulai melihat-lihat saja. 

Namun, bagaimana jika Anda ingin menyembunyikan foto tersebut agar tidak terlihat orang yang meminjam ponsel Anda tanpa menghapusnya? 

Atau bisa juga karena tidak ingin saudara Anda yang masih kecil mengutak-atik ponsel Anda yang akhirnya menyebabkan seluruh foto kenangan Anda terhapus. Apapun alasanya, berikut adalah aplikasi pihak ketiga yang dapat VOI rangkum untuk menyembunyikan foto Anda di Android. 

Aplikasi Pihak Ketiga untuk Menyembunyikan Gambar di Android

Mungkin sebagai merek smartphone sudah memiliki fitur untuk menyembunyikan foto dari galeri. Misalnya, fitur Folder Terkunci di Google Foto. 

Namun, jika smartphone Anda tidak memiliki fitur tersebut Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang berspesialisasi dalam menyembunyikan foto, ada beberapa yang bisa dipilih. Berikut adalah tiga yang terbaik:

1. Vaulty

Vaulty telah digunakan oleh ribuan pengguna, dan meninggalkan ulasan positif di Google Play Store. Muncul dengan galeri foto sendiri, Semua foto yang Anda kunci hanya dapat dilihat di dalamnya.

Galeri juga memungkinkan Anda membuat banyak brankas, artinya Anda dapat memiliki kumpulan foto yang berbeda untuk ditampilkan kepada orang yang berbeda.

Tidak perlu khawatir, karena Anda dapat melindungi konten Anda menggunakan kata sandi, dan bahkan mencadangkan media Anda sehingga aman jika Anda kehilangan ponsel.

2. Keepsafe Vault

Keepsafe Vault adalah pesaing terbesar Vaulty. Kumpulan fiturnya sangat mirip dengan Vaulti. Semua foto Anda dilindungi kata sandi dan dienkripsi. 

Anda juga dapat mencadangkan foto Anda ke penyimpanan cloud aplikasi. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur yang menyembunyikan ikon di layarnya, artinya tidak ada orang yang mengangkat telepon Anda akan tahu bahwa Anda menyembunyikan sesuatu. 

3. LockMyPix

LockMyPix menggunakan enkripsi AES tingkat standar untuk menyembunyikan foto atau video dalam jumlah tak terbatas di ponsel atau tablet Android Anda. 

Adapun beberapa fitur lain dari LockMyPix yang membuatnya menonjol adalah cara aplikasi membuat brankas umpan palsu dengan PIN terpisah, dukungan untuk foto di kartu SD Anda, cadangan terenkripsi, dan dukungan untuk file GIF.