Raoul Pal Yakin Kondisi Bearish  Pasar Kripto akan Terjadi Hingga Musim Panas, Tapi Tergantung The Fed
Raoul Pal, yakin kondisi bearish kripto sangat dipengaruihi kebijakan the Fed. (foto: tangkapan layar youtube)

Bagikan:

JAKARTA - Investor makro, Raoul Pal, yakin bahwa kondisi “bear” pasar crypto saat ini akan berakhir hanya setelah The Fed melonggarkan kebijakan moneter hawkish dengan menghentikan kenaikan suku bunga. Menurut prediksi Pal, itu bisa terjadi dalam beberapa bulan ke depan.

“The Fed tidak mungkin menaikkan suku bunga sejauh dan secepat yang diharapkan orang. Dugaan saya adalah mereka mungkin berhenti menaikkan suku bunga di musim panas dan hanya itu,” katanya dalam sebuah wawancara eksklusif dengan Cointelegraph.

Pal melihat kombinasi suku bunga tinggi dan ketakutan akan resesi yang akan datang sebagai faktor makro utama yang menyebabkan pasar penurunan crypto saat ini.

“Pendapatan investor ritel tidak naik sebanyak harga, jadi mereka kehilangan pendapatan diskresioner. Jadi, orang hanya bisa menghabiskan dolar rata-rata lebih sedikit, bisa terlibat lebih sedikit, ”katanya.

Pal berpikir bahwa dasar pasar belum tercapai dan fase likuidasi massal yang melibatkan aset kripto dan warisan akan segera hadir.

“Crypto bisa melihat lonjakan likuidasi di beberapa titik jika kita melihatnya di ekuitas dan pada akhirnya itu akan menjadi kapitulasi terakhir dari pasar,” katanya.

Pada saat itu, menurut Pal, The Fed akan melonggarkan kebijakan moneternya, memungkinkan beberapa likuiditas mengalir ke pasar keuangan, sehingga memicu reli crypto berikutnya.

"Kita akan melihat reli obligasi, reli crypto, mungkin beberapa saham teknologi reli," kata Pal.

Selain gambaran makro, faktor lain yang dapat memfasilitasi kenaikan berikutnya adalah persetujuan ETF spot Bitcoin dan peralihan Ethereum ke sistem bukti kepemilikan, yang diharapkan untuk Q3.