Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan startup baterai solid state asal China, Talent New Energy, memperkenalkan sel baterai baru dengan kepadatan energi yang sangat tinggi.

Mengutip CNevpost, Jumat, 5 April, Talent telah berhasil mengembangkan prototipe baterai logam litium solid state pertama di dunia, dengan kapasitas sel tunggal 120 Ah dan kepadatan energi sebesar 720 Wh/kg.

"Hal ini memecahkan rekor industri baru untuk kapasitas sel tunggal dan kepadatan energi tertinggi untuk baterai lithium," tulis pernyataan resmi dari Talent.

Sebagai perbandingan, baterai semi solid state terbaru dari Nio 150 kWh yang menggunakan sel dari Beijing WeLion New Energy Technology, dengan kapasitas kepadatan 360 Wh/kg. Baterai Nio ini akan mulai digunakan pada kuartal kedua dengan menjanjikan jangkauan lebih dari 1.000 kilometer hanya dalam sekali pengisian daya.

Sedangkan, baterai baru dari Talent memiliki kepadatan energi dua kali lipat dibandingkan dari WeLion, yang artinya baterai tersebut diharapkan dapat memberikan jangkauan 2.000 kilometer untuk kendaraan listrik.

Sebagai tambahan informasi, didirikan pada tahun 2018, Talent berfokus pada baterai lithium solid-state dan pengembangan teknologi material, dan pada bulan Maret 2022 telah menerima investasi dari pengembang real estat China, Country Garden.

Talent telah mengembangkan elektrolit solid state dan baterai lithium solid state berdasarkan sistem oksida, dan telah menyelesaikan jalur teknologinya untuk berbagai material serta baterai semi padat dan solid state.