Bagikan:

YOGYAKARTA - Kunci pas merupakan salah satu hand tools penting yang perlu dimiliki oleh pengguna mobil atau motor. Peralatan otomotif ini digunakan ketika ingin memasang dan melepas komponen kendaraan. Itulah mengapa pengguna kendaraan perlu memahami fungsi kunci pas.

Pemasangan setiap komponen kendaraan memerlukan baut sebagai penguat. Dengan adanya baut ini, komponen mobil atau motor bisa terpasang dengan kokoh dan tidak bergeser ketika digunakan. Fungsi kunci pas berguna untuk memudahkan pemasangan dan mencopotnya. 

Fungsi Kunci Pas

Kunci pas menjadi peralatan yang wajib ada di bengkel maupun dimiliki seorang mekanik. Pengguna kendaraan yang suka mengutak-atik motor atau mobilnya sendiri juga harus mempunyai kunci pas sebagai hand tools di rumah. 

Kunci pas berfungsi untuk membuka berbagai macam kepala baut yang terpasang di setiap komponen mobil atau motor. Kunci pas disebut juga dengan open end wrench. Untuk mengencangkan komponen yang terpasang maka diperlukan kunci pas karena tidak mungkin dilakukan sekadar menggunakan tangan. 

Jadi fungsi kunci pas yang paling umum adalah untuk mengencangkan dan mengendurkan baut serta mur pada mobil atau motor. Dengan menggunakan kunci pas, Anda bisa memasang komponen secara kencang dan tidak mudah lepas karena terkunci oleh baut. 

Peralatan ini dibuat dari bahan logam yang dipadukan dengan chrome vanadium, yang tangkainya memiliki ukuran sudut 15 derajat di kedua ujungnya. Kepala kunci pas yang digunakan untuk mur akan bisa memberikan daya ungkit ketika mengencangkan atau mengendorkan komponen kendaraan.

Kunci pas berbentuk combination wrench dengan 2 ujung dan fungsi yang berbeda dalam satu alat. Combination wrench tersebut berupa gabungan antara shank kunci pas dan ring yang keduanya berukuran sama. 

Ukuran kunci pas bervariasi, yaitu mulai dari 6 hingga 32 mm dengan offset 15 derajat dari tangkainya. Kedua ujung kunci pas dibuat dengan ukuran yang sama, misalnya ring atau pas memiliki lebar 10 mm. 

Jenis-Jenis Kunci Pas

Ada beberapa jenis kunci pas yang bisa digunakan untuk memasang komponen kendaraan. Berikut ini beberapa jenis kunci pas yang perlu dipahami oleh pemilik kendaraan:

Kunci Pas Terbuka

Kunci pas dengan ujung terbuka yang memiliki rahang untuk penggunaan pas pada mur dan baut. 

Kunci Pas Tertutup

Kunci pas ujung tertutup atau kunci kota yang ujungnya berbentuk lingkaran. Ujung kunci pas ini dapat masuk ke atas baut segi enam atau heksagonal secara pas, tergantung jumlah takik atau titik. 

Kunci Pas Soket

Kunci pas soket yang bentuknya mirip kunci pas ujung tertutup, namun terdapat bagian berbentuk silinder. Kunci pas ini dipakai untuk mengencangkan atau mengendorkan batu dan mur yang ada di bagian tersembunyi pada kendaraan. Kunci pas ini sangat berguna ketika baut atau mur terpasang di tempat yang tidak bisa diakses dengan kunci pas terbuka atau tertutup. 

Kunci pas ini didesain dengan adanya pegangan offset di sudut kanan yang dapat dikencangkan atau dilonggarkan. Pegangan yang digunakan pada kunci pas ini adalah tipe ratchet yang memungkinkan pengguna untuk memutar soket secara terus menerus dalam satu arah tanpa harus melepas soket dari mur.

Kunci Pas Torsi

Kunci pas ini mirip dengan kunci pas soket, namun memiliki indikator pegas bawaan. Pegas ini dapat menentukan berapa banyak torsi yang ingin diterapkan untuk mengencangkan mur. 

Kunci Pas Allen

Kunci pas ini adalah poros logam berbentuk segi enam yang ditekuk menjadi  bentuk L untuk memberikan daya ungkit. 

Cara Menggunakan Kunci Pas

Pemilik kendaraan perlu tahu cara menggunakan kunci pas agar bisa memasang sendiri komponen kendaraannya secara mudah. Berikut ini beberapa cara menggunakan kunci pas untuk memasang atau melepaskan komponen kendaraan:

  1. Perhatikan ukuran kunci pas yang digunakan. Ukuran pada kunci pas harus sama dengan ukuran kepala baut atau mur yang akan dipasang atau dilepas. Misalnya ukuran baut atau murnya 12 mm, maka harus memakai kunci pas 12 mm. 
  2. Selanjutnya pegang kunci pas dalam posisi yang benar dan lurus dengan kepala baut atau mur yang akan dipasang atau dilepas.
  3. Hindari memakai kunci pas dengan posisi miring karena berpotensi merusak kepala baut dan kunci pas yang digunakan. 
  4. Pastikan memegang kunci pas dengan menarik kunci pas dengan posisi ergonomis. Hindari menggunakan kunci pas dengan posisi mendorong. 

Demikianlah ulasan fungsi kunci pas sebagai peralatan otomotif. Kunci pas menjadi salah satu set tools yang perlu dimiliki oleh pengguna kendaraan untuk mengencangkan atau melepaskan komponen motor atau mobilnya. Baca juga penyebab ban motor benjol.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.