Honda Torehkan Rekor Berhasil Jual 290 Ribu Lebih Mobil Hybrid di AS
Honda Accord. (Dok. Honda Global)

Bagikan:

JAKARTA - Honda kembali mencatat prestasi gemilang dengan mencapai rekor penjualan mobil hybrid tertinggi sepanjang tahun 2023, mengamankan jumlah sebanyak 293.640 unit di pasar Amerika Serikat (AS), yang setara dengan seperempat dari total penjualan model dengan merek ini.

Secara rinci, SUV andalan seperti Honda CR-V Hybrid menjadi model bermesin hybrid terlaris di tanah paman sam, dengan total 197.317 unit terjual. Sementara itu, model Accord Hybrid memimpin penjualan sedan hybrid dengan mencapai 96.323 kendaraan.

Dengan pencapaian ini, Honda berhasil mencatat penjualan lebih dari satu juta unit kendaraan berbasis listrik, termasuk kendaraan listrik baterai (EV) dan hybrid. Proyeksi ini diyakini akan terus berkembang, terutama dengan kehadiran Honda Prologue pada tahun ini, sebagai SUV EV pertama yang sepenuhnya listrik.

Lance Woelfer, asisten wakil presiden Honda National Auto Sales, American Honda Motor Co, menyatakan bahwa penjualan model hybrid pada tahun 2023 akan menjadi langkah kunci menuju target pabrikan untuk menjual kendaraan listrik 100 persen pada tahun 2040.

"Dengan kehadiran Honda Prologue yang sepenuhnya listrik dan diluncurkannya Civic hybrid baru tahun ini, Honda bertekad untuk terus meningkatkan penjualan mobil listrik pada tahun 2024 dan seterusnya," ujar Woelfer dalam pernyataan resmi pabrikan, Kamis, 18 Januari.

Honda, yang berkomitmen untuk mencapai netralitas karbon untuk seluruh produk dan aktivitas perusahaan pada tahun 2050, juga berencana untuk menjual kendaraan listrik berbasis baterai (BEV) dan sel bahan bakar (FCV), mewakili 100 persen penjualan kendaraan baru mereka pada tahun 2040.

Sebelumnya, merek yang didirikan oleh Soichiro Honda telah memperkenalkan serangkaian mobil listrik konsep yang diberi nama 'Seri 0' pada Consumer Electronic Show (CES) 2024, termasuk dua kendaraan, yaitu Space-Hub dan Saloon.