Posisi Kursi Ternyaman di Bus: Berikut Penjelasannya
Foto ilustrasi. (Dok. Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Bis merupakan salah satu transportasi umum yang sangat kerap digunakan masyarakat. Mulai dari bis kota dengan sarana seadanya hingga bis pariwisata yang cukup mewah. Harga tiket bis pula lebih murah dibanding pesawat. Jadi jika kita hendak bepergian ke tempat yang agak jauh, bus dapat jadi opsi yang tepat. Lantas, bagaimana posisi kursi ternyaman di bus itu?

Biar ekspedisi naik bis lebih mudah, kita butuh tahu posisi kursi yang pas. Bisa berpengaruh banyak lo! Jika salah seleksi kursi, bisa- bisa ekspedisi kita jadi tidak nyaman serta malahan bisa jadi mabuk darat. Ayo ikuti caranya berikut ini!

Posisi Kursi Ternyaman di Bus

1. Kursi yang Dekat Lorong Bus

Jika mau duduk sembari merenggangkan kaki, memilih kursi yang dekat dengan lorong bis. Kita pula lebih bebas saat hendak keluar. Dengan duduk di dekat lorong, kita dapat memiringkan kaki sehingga lebih bebas.

Posisi ini sesuai banget buat orang-orang yang bertubuh besar. Karena umumnya, jarak antara suatu kursi dengan kursi di depannya tidak begitu jauh, jadi kaki seakan tertekan. Solusinya yaitu memilah posisi di dekat lorong. Kita pula dapat lebih bebas jika hendak keluar saat bis telah mencapai tujuan.

2. Kursi di Belakang Sopir

Jika duduk pas di belakangnya, kita dapat memperingatkan sopir buat berjaga-jaga seandainya bis melaju sangat cepat. Posisi ini pula dianggap sangat nyaman. Karena jika terjadi musibah, umumnya sopir berupaya menyelamatkan penumpang yang berada paling dekat dengan dirinya. Keuntungan yang lain, kita bertanya“ sudah sampai mana?” dengan mudah kepada si sopir.

3. Jauhi Kursi Paling Belakang serta Paling Depan

Hindari kursi paling depan serta paling belakang di bis. Karena jika terjadi musibah, penumpang yang duduk di sanalah yang sangat rawan jadi korban. Pastinya kita tidak berharap bakal terjadi musibah sepanjang bepergian dengan bis. Tetapi apa salahnya berjaga-jaga? Hendaknya jauhi sofa paling depan serta belakang. Karena umumnya, tabrakan berlangsung di bagian tersebut. Penumpang yang duduk di situ juga lebih rawan jadi korban.

Jika duduk di sofa paling depan, kita memanglah dapat memandang panorama alam dengan bebas. Tetapi buat sebagian orang, posisi ini malah membuat kepala pusing sebab selalu menatap pemandangan dalam skala besar. Jika kalian termasuk orang yang mudah pusing, jauhilah posisi ini.

4. Kursi Deretan Tengah

Buat yang kerap mabuk darat, kursi deretan tengah merupakan posisi sangat aman. Soalnya di zona ini, guncangan roda relatif tidak begitu terasa.

Guncangan roda paling terasa di bagian depan serta belakang bis. Jadi jika duduk di bagian tengah, kita bakal merasa lebih aman. Posisi ini sesuai buat orang yang mudah mabuk darat. Para penumpang pula dapat tidur dengan nyenyak di bagian tengah sebab guncangan rodanya tidak begitu terasa.

5. Kursi Paling Belakang Sangat Enak Menurut Ketua BisMania Community

Ketua Umum BisMania Community, Zaenal Arifin, menganjurkan kepada para penumpang bis yang mau tidur selama perjalanan supaya memilah baris kursi paling belakang. Bagi Zaenal, kursi baris paling belakang mempunyai keistimewaan tertentu sebab dapat direbahkan semaksimal bisa jadi karena tidak terdapat kursi penumpang lain di belakangnya.

"Jika saya yang memang penikmat tidur, kursi paling nyaman ya di belakang. Tepatnya kursi di sebelah kiri paling belakang, sebelum pintu. Mengapa? Sebab kursinya dapat direbahkan ke belakang secara full, karena kan tidak ada kursi lain," kata Zaenal, kepada wartawan, Selasa (29/6/2021).

Itulah bermacam posisi kursi bis yang perlu kita tahu. Ada yang aman buat sebagian orang, namun terdapat pula yang kurang aman. Bisa jadi rujukan nih sebelum kita membeli tiket bis.

Selain itu kalian harus tahu penyebab bangkai “Bus Transjakarta di Duri Kosambi Terbakar”.

Jadi setelah mengetahui posisi kursi ternyaman di bus, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!

Terkait