Bagikan:

YOGYAKARTA - Test drive merupakan langkah penting yang perlu dilakukan saat akan membeli mobil baru maupun bekas. Biasanya dealer atau seller akan menawarkan uji coba kepada calon costumernya untuk menjajal mengendarai mobil yang ingin dipinang. Memangnya seberapa penting test drive sebelum membeli mobil?

Membeli mobil merupakan salah satu keputusan finansial yang memerlukan pertimbangan matang, lantaran menjadi pengeluaran besar dan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan saat memilih mobil, mulai dari merek, harga, tipe, desain, hingga fitur-fiturnya. 

Apabila ditanya seberapa penting test drive sebelum beli mobil, maka tentu wajib dilakukan untuk mengecek atau merasakan kinerja, fitur, dan kenyamanannya saat digunakan. Customer akan diberi kesempatan untuk mencoba mengemudikan mobil incarannya dalam durasi waktu tertentu. 

Pentingnya Test Drive Sebelum Beli Mobil

Setiap orang memiliki preferensi masing-masing dalam memilih mobil untuk transportasi pribadinya. Maka dari itu setiap calon pembeli harus memilih mobil sesuai kebutuhan masing-masing mulai dari, kenyamanan mengemudi, gaya berkendara, kecocokan dengan postur, hingga fitur-fitur yang diinginkan.

Setiap showroom memberikan fasilitas bagi customer untuk mencoba mobil terlebih dahulu untuk mencocokan kenyamanan berkendara dan menyakinkan keputusan membelinya. Supaya tidak kecewa nantinya, Anda perlu tahu pentingnya test drive sebelum beli mobil. 

Mencoba Mengemudikan Mobil Langsung

Saat melakukan test drive, customer bisa mencoba mengemudikan mobil secara langsung. Pembeli bisa merasakan sensasi membawa mobil untuk memastikan kenyamanan, performa mesin, keamanan penggunaan, hingga kemampuan mobil melaju di berbagai medan. 

Dalam memanfaatkan waktu untuk test drive, coba kendarai mobil di jalan dengan kontur yang berbeda-beda. Anda bisa merasakan apakah mobil tetap nyaman ketika dibawa melewati kondisi jalan yang kurang baik. Anda juga dapat mengecek sistem pengereman, akselerasi, suspensi, dan lainnya. 

Memastikan Fitur-fiturnya Berfungsi dengan Normal

Fitur-fitur dalam mobil adalah salah satu penunjang kenyamanan saat berkendara. Ketika melakukan test drive, pembeli bisa mencoba mengoperasikan fitur-fitur yang tersedia. Langkah ini bertujuan untuk mengetahui apakah fitur yang ada sudah sesuai kebutuhan Anda dan berfungsi dengan normal. 

Anda juga bisa mempelajari cara mengoperasikan fitur-fitur yang ada tersebut. Jika masih bingung, Anda bisa bertanya atau meminta pihak dealer untuk mendemokan cara pemakaiannya. Jadi nantinya Anda tidak akan bingung lagi saat menggunakan mobil tersebut. 

Mengetahui Kondisi Interior dan Eksterior

Fasilitas test drive juga memberikan kesempatan kepada pembeli untuk melihat interior dan eksterior mobil secara lebih dekat serta menyeluruh. Anda bisa memeriksa secara detail kondisi interior, seperti ban, bodi mobil, knalpot, lampu, dan lainnya. Pastikan interior dalam kondisi baik dan sesuai keinginan Anda. 

Selain itu, Anda juga harus memeriksa bagian interior mobil seperti material jok, kabin, set jok, stir, perangkat elektronik di dalamnya, dan lainnya. Pastikan interior dalam kondisi yang nyaman ketika digunakan dan berfungsi dengan baik. 

Mengetahui Apa Saja Kelebihan Mobil

Dengan melakukan test drive, Anda juga bisa mengenali kelebihan mobil yang Anda coba. Setiap jenis dan merek mobil biasanya menawarkan keunggulannya masing-masing dalam berbagai hal. 

Meski sales sudah menyampaikan apa saja kelebihan yang ada pada mobil pilihan Anda, lebih baik Anda membuktikannya secara langsung dengan test drive. Selain mengetahui kelebihan, langkah ini juga membantu Anda mengenali adanya kekurangan pada mobil tersebut. 

Mendapatkan Mobil Sesuai Preferensi dan Meminimalisir Kesalahan Memilih

Test drive juga bertujuan untuk memastikan Anda memilih mobil yang sesuai kebutuhan dan preferensi. Mengingat setiap orang memiliki kriteria masing-masing dalam menggunakan mobil, maka Anda perlu mengenali dan memeriksa keseluruhan mobil tersebut terlebih dahulu. 

Langka ini juga membantu menghindari kekecewaan atau meminimalkan risiko kesalahan dalam memilih mobil. Anda jadi tahu apakah mobil yang dicoba sudah sesuai ekspektasi atau Anda harus mencari mobil lain. 

Demikianlah ulasan mengenai seberapa penting test drive sebelum membeli mobil. Pembeli mobil wajib melakukan test drive untuk memastikan mobil yang dipilih sudah sesuai dengan kebutuhan mengemudi secara keseluruhan, baik dari segi performa, interior dan eksterior, hingga fitur-fiturnya.  

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.