Taklukkan Barbel Seberat 120 Kg, Lifter Diah Ayu Pecahkan Rekor Nasional di PON Papua
Lifter Jawa Tengah Diah Ayu Permatasari (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Lifter Jawa Tengah Diah Ayu Permatasari memecahkan rekor nasional usai menaklukkan barbel seberat 120 kg dalam angkatan clean and jerk

di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, Jumat siang.

"Siang ini adalah capaian tertinggi karir saya sebagai lifter. Sebelumnya saya memecahkan rekor angkatan 112 kg di Pra PON Bandung Jawa Barat 2019," kata Diah Ayu Permatasari di Jayapura.

Tampil di Auditorium Universitas Cenderawasih, Kabupaten Jayapura, Diah mengumpulkan total angkatan 215 kg (95 kg Snatch dan 120 kg clean and jerk) sehingga berhak atas medali emas untuk Jateng.

Diah memecahkan rekor nasional babak clean and jerk dari 112kg yang ia capai sebelumnya menjadi 115 kg dan dipecahkan kembali menjadi 120 kg di Papua.

Motivasi terkuat Diah untuk berprestasi adalah kedua orang tuanya yang telah wafat pada 2014 dan 2016 serta kehadiran sang suami sekaligus pelatih di Auditorium Uncen.

Atas prestasinya itu Diah berhak atas kepingan emas usai mengalahkan tiga lifter masing-masing Yuliani Gena dari Lampung dengan capaian medali perak dengan selisih 18 kg angkatan. Yuliani mengakumulasi angkatan Snatch 89 kg dan clean and jerk 108 kg.

Dua rival lainnya masing-masing Gusti Melinda dari Jambi serta Sari Mayang dari Sumatera Barat pulang tanpa mengemas medali.