Erling Haaland Langsung Tancap Gas saat Bundesliga Bergulir lagi
Erling Haaland (Twitter @blackyellow)

Bagikan:

JAKARTA - Liga Jerman menjadi liga papan atas pertama Eropa yang melanjutkan kompetisi setelah ditangguhkan pada Maret lalu akibat pandemi COVID-19. Penyerang Borussia Dortmund, Erling Haaland langsung tancap gas saat Bundesliga memainkan putaran ke-26 pada Sabtu, 16 Mei dengan mencetak gol ke gawang Schalke 04 dalan Rivierderby. 

Pemain internasional Norwegia Haaland membawa pulang umpan silang Thorgan Hazard pada menit ke-29 untuk mencetak gol pertama sejak papan atas Jerman ditangguhkan pada bulan Maret.

Itu adalah golnya yang ke-13 dalam 12 penampilan di semua kompetisi sejak bergabung dengan Dortmund pada Januari. Membuatnya menjadi pemain Bundesliga kedua yang mencapai prestasi itu setelah Klaus Matischak untuk Schalke pada 1963-64.

Rekor Bundesliga Haaland kini mencapai 10 gol dalam sembilan pertandingan. Hanya Gert Dorfel dan Paco Alcacer yang mampu mencetak gol sebanyak itu dari jumlah pertandingan yang lebih sedikit (keduanya delapan pertandingan).

Dortmund sendiri menang telak 4-0 atas rivalnya. Selain Haaland, tiga gol Black Yellow lainnya dicetak Raphael Guerreiro (dua gol) dan Thorgan Hazard.

Aturan Menjaga Jarak

Sementara itu. Sejumlah penyesuaian mencolok mewarnai dilanjutkannya Liga Jerman. Selain stadion-stadion yang kosong karena laga-laga tersebut harus dimainkan tanpa penonton, sesi salaman dan foto bersama tim juga tidak diberlakukan.

Maskot-maskot tim serta anak gawang juga dilarang mendampingi tim saat mereka memasuki lapangan.

Sementara di tepi lapangan, para pemain cadangan harus duduk dengan berjarak dua meter. Opsi lain adalah mereka harus mengenakan masker saat bersiaga di bangku pemain pengganti.

Para pelatih diizinkan melepaskan masker mereka untuk meneriakkan instruksi kepada para pemain di lapangan, namun mereka harus berjarak minimal 1,5 meter dari orang terdekatnya.

Para pemain kini juga harus mengurangi level spontanitas saat mereka mencetak gol. Hal itu diterapkan benar oleh Erling Haaland yang mencetak gol pertama Dortmund.

Setelah mengemas gol pembukaan pada menit ke-28, penyerang Norwegia itu tetap menjaga jarak dari rekan-rekannya yang ingin merayakan gol.

Contoh lain diberikan oleh Raphael Guerreiro yang mengemas dua gol pada laga tersebut. Ia merayakan gol yang dibukukannya dengan melakukan "tos siku" dengan rekan-rekan setimnya. 

Tidak Ada Hukuman

Namun demikian, Operator Liga Jerman (DFL) mengatakan pihaknya tidak akan menghukum pemain yang melanggar panduan menjaga jarak saat merayakan gol.

Seperti bek Hertha Berlin Dedryck Boyata yang mencium pipi rekan setimnya Marko Grujic untuk merayakan gol bunuh diri yang dilakukan pemain Hoffenheim Kevin Akpoguma.

"Perihal perayaan-perayaan gol, (menjaga jarak) merupakan anjuran dalam panduan ini, oleh karena itu tidak ada sanksi," kata juru bicara DFL seperti dinyatakan dalam laman resmi DFL.

Pelatih Hertha Berlin Bruno Labbadia juga membela tindakan pemain asuhannya tersebut.

"Saya harap orang-orang di luar sana memahaminya. Itu hanya merupakan rekomendasi. Kami telah dites dengan hasil negatif sebanyak enam kali, sebagian besar dilakukan kemarin," tutur Labbadia.

"Emosi merupakan bagian dari (permainan) ini. Jika tidak, tidak ada gunanya memainkan pertandingan," tambahnya.

Dengan situasi para pemain tetap saling berdekatan sepanjang pertandingan, efektivitas untuk menerapkan kebijakan ketat seputar menjaga jarak saat terjadi gol di Liga Jerman telah dipertanyakan banyak pihak.

Pada kenyataannya, panduan seputar pencegahan pandemi COVID-19 bukan hanya dilanggar oleh Boyata. Penyerang Hertha Vedad Ibisevic kedapatan meludah di kotak penalti saat ia gagal memanfaatkan peluang pada babak pertama. Tindakan itu juga dilarang mengacu pada panduan baru.

Berikut hasil lengkap matchday 26 Liga Jerman yang dimainkan 16 Mei:

Augsburg Vs Wolfsburg 1-2 

Borussia Dortmund Vs Schalke 04 4-0 

Fortuna Düsseldorf Vs SC Paderborn 07 0-0

Hoffenheim Vs Hertha BSC 0-3 

RasenBallsport Leipzig Vs Freiburg 1-1

Eintracht Frankfurt Vs Borussia Mönchengladbach 1-3

Eintracht Frankfurt Vs

Borussia Mönchengladbach 1-3

Jadwal 17 Mei:

FC Köln Vs Mainz 05: 20:30

FC Union Berlin Vs FC Bayern München: 23:00