Lawan Porto, Tuchel Tidak Mau Ambil Risiko terhadap Kondisi Kante
N'Golo Kante (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Thomas Tuchel mengaku tidak mau mengambil risiko terhadap kondisi gelandang N'Golo Kante dan bakal menentukan keputusan di saat-saat akhir sebelum Chelsea melakoni leg kedua perempat final Liga Champions melawan Porto di Ramon Sanchez-Pizjuan, Rabu dini hari nanti.

Kante sempat mengalami masalah hamstring saat tampil bersama tim nasional Prancis akhir Maret lalu, yang membuat dirinya absen saat Chelsea dipecundangi West Bromwich Albion.

Namun, kondisi Kante membaik lebih cepat dari yang diperkirakan sebab gelandang berusia 30 tahun itu dua kali turun dari bangku cadangan saat leg pertama kontra Porto dan lanjutan Liga Inggris melawan Crystal Palace sepekan terakhir.

Di atas kertas, situasi kebugaran Kante mungkin tidak terlalu memberi masalah besar bagi Chelsea yang menyongsong leg kedua dengan keunggulan agregat sementara 2-0 atas Porto.

"Biasanya, sulit membayangkan pertandingan semacam ini tanpa NG, tetapi di saat bersamaan kami harus sangat berhati-hati dengan kondisinya," kata Tuchel dikutip Antara dari laman resmi Chelsea, Selasa, 13 April.

"Dan kami juga tidak mau mengambil risiko dengan kesehatan maupun situasi cederanya," ujarnya menambahkan.

Terlebih Tuchel tidak menutup kemungkinan Porto akan memaksakan pertandingan besok dilanjutkan ke babak tambahan jika klub Portugal itu mampu menyamakan kedudukan.

Tuchel memastikan Kante akan ambil bagian dalam pertandingan leg kedua nanti, tetapi belum definitif apakah sejak sepak mula atau kembali turun dari bangku cadangan seperti sebelum-sebelumnya.

"Pertanyaannya adalah apakah kami ingin di main sejak awal atau masuk untuk menutup pertandingan, sebab masih ada kemungkinan laga berlanjut hingga 120 menit," katanya.

"Ini pertanyaan yang sejujurnya belum terjawab, saya akan memutuskan nanti," pungkas Tuchel.