Bagikan:

JAKARTA – Pebalap asal Spanyol Jorgen Martin yang menjadi runner up musim lalu sukses menjadi yang tercepat dalam balapan sprint race MotoGP 2024 Grand Prix Australia.

Penguasa klasemen sementara pebalap musim 2024 itu finis dengan catatan waktu 19 menit 13,301 detik di Sirkuit Phillip Island, Australia, pada Sabtu, 19 Oktober 2024 siang WIB.

Martin menyelesaikan sesi ini di depan rekan senegaranya dan juara dunia enam kali Marc Marquez yang finis di urutan kedua dengan selisih waktu +1,520 detik.

Sementara itu, Enea Bastianini melengkapi posisi tiga besar. Pebalap yang membela Ducati Lenovo Team tersebut tertinggal jauh dari Martin dengan gap waktu +4,368 detik.

Mengikuti ketiga pebalap tersebut di tempat keempat adalah juara bertahan Francesco Bagnaia. Rider asal Italia ini disusul oleh Fabio Di Giannantonio yang mengisi posisi kelima.

Hasil dalam balapan sprint race ini membuat jarak poin antara dua pesaing juara musim ini, yakni Jorge Martin dan Francesco Bagnaia, kembali melebar menjadi 16 poin.

Martin sekarang menguasai posisi wahid dengan koleksi 404 poin, sedangkan Bagnaia di belakangnya 388 poin. Angka ini bisa kembali melebar jika Martin menang di balapan utama Minggu besok.

Dalam balapan besok Martin akan memulai dari posisi paling depan karena tercepat di kualifikasi. Sementara itu, Bagnaia harus memulai sesi dari posisi kelima.

Masih adalah tiga seri setelah GP Australia yang diperjuangkan kedua nama ini. Ketiga seri itu adalah Thailand, Malaysia, dan seri penutupan di Valencia, Spanyol.