Bagikan:

JAKARTA - Tim nasional Jerman kedatangan pasukan elite menjelang laga pembuka Euro 2024 melawan Skotlandia. Ternyata, para serdadu itu memberi motivasi dan penyemangat kepada tim Jerman. Hasilnya, Florian Wirtz dkk membantai Skotlandia 5-1 di laga perdana Grup A di Stadion Football Arena, Munich, Sabtu, 5 Juni 2024 dini hari WIB.

Pasukan elite Jerman tidak hanya memberi motivasi dan semangat bagi Die Mannschaft. Mereka juga membeberkan arti penting dan peran dari sebuah grup atau kesatuan.

Dari wejangan pasukan elite itu, pemain belajar 'bagaimana melindungi anggota lain dalam tim'. Hal itu diterapkan dengan baik saat menghadapi Skotlandia.

Hasilnya, Skotlandia benar-benar kesulitan menciptakan peluang di sepanjang pertandingan. Sementara, Jerman membuktikan sebagai tim panser yang menggilas lawannya. 

Di laga pembuka itu, pemain Jerman terlihat tidak egois dan mereka secara bergantian membobol gawang lawan.

Ada lima pemain yang masing-masing mencetak satu gol. Termasuk gelandang Emre Can yang masuk menggantikan Toni Kroos pada 10 menit terakhir.

Pemain Borussia Dortmund ini dipanggil pelatih Julian Nagelsmann di saat-saat terakhir menggantikan Aleksandar Pavlovic yan menderita sakit.

"Saya tak ingin memberi penilaian terhadap performa individu pemain. Semua pemain pantas bermain untuk timnas. Hanya jalan mereka memang unik," kata Nagelsman.

"Ini merupakan sebuah kesatuan yang bersifat menyeluruh. Pemain melakukan segala upaya agar pemain yang berada di sisinya baik-baik saja," ujarnya.

Mantan pelatih Bayern Munchen ini pun melanjutkan, "Kini, fans sudah lebih yakin dengan timnas dibandingkan sebelum kami menjalani pertandingan pertama."

Menurut Nagelsmann tim layak menang. Mereka bermain sangat bagus selama 20 menit pertama. Bahkan DFB-Team bisa unggul tiga gol dalam tempo 31 menit lewat Florian Wirtz, Jamal Musiala dan penalti Kai Havertz.

Sedangkan dua gol lagi yang diciptakan Niclas Fullkrug dan Emre Can tercipta di babak kedua. 

"Kami berusaha mempertahankan tetap lapar dan ingin menambah gol. Dan, kami sepenuhnya pantas memenangkan pertandingan. Pada 20 menit pertama, kami bermain sangat impresif. Kami mencetak dua gol cepat. Setelah unggul kami tetap fokus," ucapnya.

Lebh lanjut Nagelsmann menuturkan bila kemenangan besar di laga perdana merupakan langkah awal Jerman untuk menatap laga berikutnya melawan Hungaria di Stadion Stuttgart, Arena, Stuttgart, Rabu, 19 Juni 2024 malam WIB.

"Kami telah mengambil langkah pertama. Kini yang harus kami lakukan adalah memenangkan laga berikutnya di Stuttgart. Pemain akan beristirahat lebih dulu dan kemudian melakukan persiapan [melawan Hungaria]. Tim sudah melakukan yang terbaik dan saya senang menyaksikannya," ujar dia.

Sementara, striker Niclas Fullkrug menuturkan bila tim sempat mengalami kesulitan di menit-menit awal.

Mereka sedikit terlambat panas menghadapi pertandingan besar. Penampilan mereka dengan cepat membaik, terutama setelah Wirtz mencetak gol di menit ke-10.

"Pada awalnya kami butuh beberapa menit untuk menyesuaikan diri dengan pertandingan. Ini memang pertandingan besar bagi kami," kata Fullkrug yang masuk menggantikan Havertz di menit 63 dan lima menit kemudian dia mencetak gol keempat Jerman yang menghancurkan moral pemain Skotlandia.

"Selanjutnya, penampilan kami kian membaik, terutama dalam penguasaan bola. Kami kian percaya diri dan tetap fokus setiap kali usai mencetak gol," ucap striker Borussia Dortmund ini

Kemenangan atas Skotlandia menjadikan Jerman bertengger di puncak klasemen Grup A dengan poin tiga. Sedangkan Skotlandia menempati posisi dasar klasemen.