Bagikan:

JAKARTA - Uzbekistan U-23 menjadi lawan Indonesia U-23 di semifinal Piala Asia U-23 2024.

White Wolves sejak menapaki turnamen tidak pernah memasukkan Garuda Muda sebagai kandidat tim yang akan dilawan di fase gugur, apalagi semifinal.

Pelatih Uzbekistan U-23, Timur Kapadze, mengakui bahwa dirinya dan tim benar-benar tak mempelajari Indonesia U-23.

Dia baru mengalihkan perhatian kepada pasukan Shin Tae-yong selepas menang melawan Arab Saudi U-23 di perempat final.

"Kami hanya fokus pada pertandingan melawan Arab Saudi U-23. Namun, kami baru menonton pertandingan Indonesia U-23 melawan Korea Selatan (U-23)."

"Mereka (Indonesia U-23) menunjukkan bahwa mereka bisa tampil melawan tim-tim besar. Jadi, mulai sekarang dan seterusnya, kami akan mulai menganalisis dan mempersiapkannya," kata Kapadze.

Indonesia U-23 secara mengejutkan bisa melangkah ke semifinal dalam debut mereka di Piala Asia U-23 2024. Pada partai perempat final, mereka menyingkirkan Korea Selatan U-23 dengan skor 11-10 dalam adu penalti setelah laga berakhir 2-2 hingga babak perpanjangan.

Uzbekistan U-23 sadar betul bahwa tidak memasukkan Indonesia U-23 sebagai penantan serius salah besar.

Salah satu penggawa White Wolves, Khusain Norchaev, bahkan meminta rekan-rekannya untuk menghentikan euforia kemenangan melawan Arab Saudi U-23.

Dia menegaskan bahwa tim harus fokus di laga semifinal dan tak memandang sebelah mata Indonesia U-23. Apalagi, mereka menargetkan lolos otomatis ke Olimpiade Paris 2024.

Artinya, Uzbekistan U-23 ingin tembus ke final untuk mendapat tiket langsung ke Perancis. Selain itu, mereka juga mengincar gelar kedua di Piala Asia U-23 yang pernah diraih pada edisi 2018.

"Sungguh luar biasa bisa menang melawan mereka Arab Saudi U-23, tapi ini baru perempat final. Kami masih perlu mempersiapkan dua pertandingan lagi."

"Saya yakin kami bisa berbuat lebih banyak lagi. Kami akan bersiap menghadapi pertandingan-pertandingan itu."

"Kami akan terus berjuang untuk mencapai target kami. Setelah bermain melawan Arab Saudi U-23, kami dapat menganalisis dan mempersiapkan strategi kami dengan lebih baik sehingga menghasilkan kemenangan," tutur Norchaev.

Uzbekistan U-23 memang berada di atas angin saat berjumpa Indonesia U-23 nanti. Selain kepercayaan diri meningkat selepas membalaskan dendam kepada Arab Saudi U-23 yang mengalahkan mereka di final Piala Asia U-23 2022, White Wolves menjadi tim yang sukses menjaga clean-sheet.

Hingga perempat final, gawang mereka belum kebobolan. Bahkan, Uzbekistan U-23 menjadi tim paling produktif. Mereka sudah mengemas 12 gol.

Namun, Timur Kapadze tak ingin catatan tersebut membuat anak asuhnya jemawa. Dia perlu untuk menginstruksikan pemainnya tetap fokus kepada sistem yang diterapkan.

"Kami harus tetap fokus. Pada laga melawan Arab Saudi U-23, kami melihat banyak momen menegangkan (untuk pertahanan)."

"Pertahanan dimulai dari penyerang, jadi bukan hanya bek kami saja yang bekerja keras untuk mendapatkan clean-sheet ini," ujar Kapadze.

Laga Indonesia U-23 melawan Uzbekistan akan dihelat di Stadion Abdullah bin Khalifa pada Senin, 29 April 2024, pukul 21.00 WIB.