Bagikan:

JAKARTA - Statistik Phil Foden paling mencolok saat Derby Manchester di Stadion Etihad pada Minggu, 3 Maret 2024. Tak hanya Pep Guardiola, rekan setim di Manchester City juga memuji penampilan gelandang serang 23 tahun itu.

Foden menyumbangkan dua gol saat Manchester City menekuk Manchester United 3-1. Selain dua gol itu, ternyata pemain binaan asli The Citizens tersebut juga punya catatan menarik lain.

Dia mengemas sembilan tembakan, 83 operan, lima kali memenangi duel, dan 11 umpan silang akurat yang menjadikannya punya peran penting dalam kemenangan City.

Torehan apik itu membuat pemain City lain, Kyle Walker, melempar pujian dengan penyematan julukan baru untuk Foden.

"Kami memanggilnya 'Si Penembak Jitu' karena dia menyukai tembakan. Jadi, ketika dia masuk dengan kaki kiri, Anda tahu dia punya kualitas dan ketenangan untuk mengambil tempatnya."

"Phil telah mengambil lebih banyak tanggung jawab musim ini. Kami membutuhkan pemain penting seperti dia yang bisa memenangi pertandingan Anda," ujar Walker.

Foden pun tetap membumi meski dibanjiri pujian. Dia masih belum puas dan akan terus bekerja keras membawa Manchester City meraih kejayaan.

"Tujuan saya adalah tampil di pertandingan besar. Itulah yang ingin saya lakukan. Musim ini saya rasa sudah melakukannya. Saya hanya perlu terus bekerja keras," kata Foden.

Sementara itu, laga Manchester City vs Manchester United berlangsung ketat. Publik tuan rumah dibuat terdiam melalui gol Marcus Rashford pada menit kedelapan.

Gol itu cukup membuat penonton di Stadion Etihad waswas karena bertahan hingga jeda.

Namun, Foden mengubah suasana hati pendukung City. Dia membuat gol penyama kedudukan pada menit ke-56 dengan tembakan melengkunya.

Tak cukup sampai di situ, dia membuat tim tamu pulang dengan kepala tertunduk. Foden membalikkan keadaan pada menit ke-80.

Dia membuat Andre Onana memungut bola dari gawangnya setelah bekerja sama apik dengan Julian Alvarez.

Haaland kemudian menutup kemenangan Manchester City pada injury time babak kedua. Derby Manchester menjadi milik The Citizens dengan kemenangan 3-1.

Selain kekalahan, Manchester United hanya sanggup membuat tiga tembakan sepanjang laga dan cuma satu yang mengarah ke gawang. Catatan yang jauh lebih sedikit dari milik Foden seorang di City.