Kalahkan Valencia, Atletico Madrid Depak Barcelona dari Tiga Besar La Liga
Pemain sayap Atletico Madrid Samuel Lino mencetak gol ke gawang Valencia di pertandingan La Liga Spanyol. (X/@Atleti)

Bagikan:

JAKARTA - Atletico Madrid tampil maksimal untuk meraih kemenangan 2-0 atas Valencia di pertandingan La Liga Spanyol di Stadion Metropolitano, Madrid, Senin, 29 Januari 2024 dini hari WIB. Atletico pun mendepak Barcelona dari tiga besar.

Atletico membuat Barca kian terpuruk. Bila sebelumnya sempat nangkring di peringkat tiga, kini Barca terpaksa turun posisi

Kemenangan Atletico atas Valencia menjadikan mereka menggeser Barca. Atletico naik satu strip dengan merebut posisi tiga setelah mengantungi poin 44. Sama dengan Barca, namun Atletico unggul selisih gol.

Barca yang bakal ditinggalkan pelatih Xavi Hernandez saat kompetisi berakhir pun harus waswas.

Mereka terancam kehilangan tempat di empat besar atau zona Liga Champions bila gagal mempertahankan posisinya. Pasalnya ada Athletic Bilbao yang menduduki peringkat lima dengan poin 42.

Sementara, Valencia yang menelan kekalahan ke delapan tertahan di papan tengah. Mereka berada di peringkat delapan dengan memiliki 32 poin,

Di laga itu, Atletico sepenuhnya mendominasi. Hanya serangan Los Colchoneros selalu gagal. Kiper Valencia Giorgi Mamardashvili tampil ekselen dengan melakukan sejumlah penyelamatan di sepanjang babak pertama.

Paling tidak ada banyak peluang lewat Antoine Griezmann, Memphis Depay, Pablo Barrios, Reinildo Mandava dan Nahuel Molina yang bisa digagalkan kiper Georgia ini.

Namun dirinya gagal mencegah gol dari pemain sayap Samuel Lino saat babak pertama hampir usai. Gol pemain asal Brasil ini tidak terlepas dari umpan brilian Griezmann.

Pemain depan tim nasional Prancis ini melihat Lino yang berlari ke arah gawang tanpa diketahui bek Valencia.

Griezmann pun mengirim umpan matang yang langsung dieksekusi oleh Lino. Skor 1-0 untuk Atletico saat turun minum.

Di babak kedua, tuan rumah tetap mengendalikan permainan. Hanya saja, kiper Mamardashvili tetap tampil gemilang dan selalu menggagalkan peluang tuan rumah.

Penyelamatan terbaik kembali dilakukan kiper berusia 23 ini saat menggagalkan sundulan Stefan Savic yang seharusnya hampir bisa dikonversi menjadi gol di menit 53.

Namun gawang Mamardashvili akhirnya kembali kebobolan. Kali ini, Depay yang memperbesa keunggulan Atletico di menit 57. Mantan striker Manchester United ini sukses menyambut umpan silang Mlina dari sisi kanan.

Skor berubah menjadi 2-0 untuk Indios. Tidak ada tambahan gol dan skor itu bertahan sampai akhir laga.

"Penting bagi kami untuk mencetak gol saat mengawali pertandingan dan berusaha memenangkannya," kata Lino menanggapi gol dan kemenangan tim.

"Namun yang penting adalah meraih kemenangan. Namun kami tak berpikir titel liga dan menyelesaikan pertandingan satu ke pertandingan berikutnya," ujar dia lagi.

Pertandingan Atletico di kompetisi La Liga berikutnya digelar pada pertengahan pekan.

Atletico menyelesaikan laga yang tertunda dengan menjamu Rayo Vallecano, Kamis, 1 Februari 2024 dini hari WIB.