Bagikan:

JAKARTA - Rangkaian pertandingan Pekan Olahraga Bela Diri Nasional atau Indonesia Martial Art Games (IMAG) I 2023 usai dan ditutup resmi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo di Balai Kota Bogor pada 31 Oktober 2023.

IMAG I /2023 sebelumnya dibuka pada Minggu 22 Oktober 2023, di Asrama Haji Kota Bekasi. Pada tahun pertama penyelenggaraannya. IMAG mempertandingkan 9 cabang olahraga bela diri di Kota Bekasi dan Kota Bogor selaku tuan rumah bersama.

Di Kota Bekasi, terdapat pertandingan anggar, shorinji kempo, ju-jitsu, dan hapkido. Semua pertandingan di Kota Bekasi dihelat di Asrama Haji Pondok Gede, ditambah taekwondo di GOR POPKI Cibubur.

Sedangkan di Kota Bogor, ada pertandingan sambo, gulat, serta wushu di GOR Pajajaran. Kickboxing juga dipertandingkan di Bogor, tepatnya di Hotel Green Forest.

IMAG ditujukan juga untuk menjaring, menyaring dan membina atlet-atlet muda berprestasi daerah, yang kelak menjadi atlet andalan Indonesia.

Kontingen tuan rumah Jawa Barat menjadi juara umum dengan perolehan 53 emas. Diikuti DKI Jakarta pada posisi kedua, dan Jawa Timur pada posisi ketiga. Persis seperti urutan tiga besar Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021 Papua.

IMAG perdana di Bekasi dan Bogor terukir manis dalam sejarah olahraga Indonesia sebagai multicabang dua tahunan. Ini menambah jumlah kompetisi olahraga multicabang Pekan Olahraga Nasional (PON) yang rutin digelar setiap empat tahun.

Hal tersebut menjadi kebanggaan bagi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat sebagai inisiator bersama dua kota di Jawa Barat tersebut. Pasalnya tidak mudah untuk memulai sebuah terobosan dengan keterbatasan yang ada.

“Saya selaku Ketua Umum KONI Pusat mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kesiapan dan kesediaannya Kota Bogor dan Kota Bekasi menjadi tuan rumah IMAG pertama, dengan keterbatasan. Alhamdulillah IMAG 2023 dapat berjalan lancer,” ujar Ketum KONI Pusat, Letjen TNI (Purn) Marciano Norman.

“Atlet-atlet yang ikut dalam IMAG ini juga banyak atlet-atlet muda yang nanti akan turun mewakili daerahnya pada PON XXI/2024 di Aceh-Sumatera Utara. Sehingga jenjang dari kompetisi yang mereka ikuti, ini nanti betul-betul semakin tertata lagi. Juara-juara IMAG ini juga akan menjadi juara-juara PON dan mewakili Indonesia dalam event bela diri baik multi event internasional maupun single event internasional,” kata Marciano menambahkan.

Marciano mengucapkan terima kasih kepada pimpinan cabang olahraga dan juga seluruh KONI Provinsi yang juga mengirimkan atlet-atletnya.

Dipastikan IMAG berikutnya akan lebih baik. Pada penyelenggaraan perdananya, IMAG sudah menginspirasi beberapa daerah untuk menjadi tuan rumah selanjutnya.

“Ke depan ini akan sangat menarik dan saya menunggu kabupaten atau kota di Indonesia yang berminat untuk menjadi tuan rumah IMAG yang kedua pada tahun 2025,” kata Marciano, memastikan IMAG akan berlanjut.