Bagikan:

JAKARTA - Barcelona mengamankan bintang muda Lamine Yamal dengan memberikan kontrak anyar. Yamal pun sudah menandatangani kontrak yang menjadikan dia tetap di Barca sampai 2026. Menariknya, Barca mengikat pemain yang masih berusia 16 ini dengan klausul rilis sebesar 1 miliar euro atau 16,4 triliun rupiah sekaligus memecahkan rekor.

Yamal menjadi pemain dengan klausul rilis terbesar dalam sejarah sepak bola. Klausul rilis ini menjadikan klub mengikat pemain lebih erat. Pasalnya bila ada yang ingin merekrut Yamal, maka klub itu harus mengeluarkan dana sebesar itu. Jelas tak ada klub yang bersedia melakukannya.

Barca tetap belajar dari masa lalu saat sang bintang Luis Figo pindah ke klub rival, Real Madrid. Ini bisa terjadi karena Madrid berani membayar klausul rilis Figo sebesar 62 juta euro yang memecahkan rekor transfer dunia.

Alhasil, Barca tak bisa berbuat apa-apa sehingga harus merelakan sang kapten berseragam putih. Figo pun dijuluki pengkhianat dan selalu menjadi sasaran cemooh saat Madrid berkunjung ke Camp Nou. 

Yamal sendiri langsung melejit dan menjadi sorotan saat masuk skuat Barca di usia masih belia. Saat itu, pelatih Xavi Hernandez mengambil Yamal dari akademi.

Hanya, Xavi memanggil Yamal menjelang akhir kompetisi LaLiga 2022/2023. Meski demikian, dirinya langsung melejit dengan memecahkan rekor sebagai pemain termuda yang tampil di liga. Saat melakukan debut, Yamal masih berusia 15 tahun, sembilan bulan dan 16 hari.

Torehan sejarah Yamal tak berhenti di situ. Pelatih tim nasional Spanyol Luis de la Fuente segera memanggilnya. Hanya, dia tak lagi membela timnas U-19 tetapi langsung masuk tim senior.

De la Fuente bergegas memasukkan Yamal ke tim senior karena dirinya juga bisa bermain untuk Maroko. Pasalnya, ayah dia seorang Maroko dan ibunya dari Equatorial Guinea.

Keputusan De la Fuente tak salah. Dalam debutnya di tim senior saat melawan Georgia di kualifiksi Piala Eropa 2024, Yamal yang diturunkan sebagai pemain pengganti sukses mencetak gol. Jadilah dia memecahkan rekor sebagai pemain muda timnas yang melakukan debut sekaligus membobol gawang lawan.

Berbeda dengan bintang muda Barca sebelumnya, Ansu Fati, yang masih labil meski sempat meroket, Yamal menunjukkan konsistensinya. Setelah turut mengantarkan Blaugrana memenangi LaLiga 2023, dirinya tetap tampil ciamik.

Yamal membuat dua assists dari dua pertandingan LaLiga musim 2023/2024. Performa menawan pemain yang bisa bermain sebagai centre forward, gelandang serang sampai winger, menjadikan Barca segera memperbarui kontrak dia.

"FC Barcelona dan Lamine Yamal telah mencapai kesepakatan kontrak baru dengan mengikat pemain sampai 30 Juni 2026. Sdangkan klausul rilis dia sebesar satu miliar euro," demikian keterangan resmi klub.

Penandatanganan kontrak dilakukan Yamal dengan Presiden Barca Joan Gamper. Momen itu juga disaksikan Wakil Presiden Pertama Rafa Yuste, Direktur Usia Muda Joan Soler dan Direktur Olahraga Anderson Luis de Souza 'Deco'.

Yamal memang lebih beruntung ketimbang Fati. Pemain berusia 20 ini sempat kehilangan tempat di tim utama. Terakhir, Fati malah dipinjamkan ke klub Premier League Inggris, Brighton & Hove Albion. Padahal dirinya sempat ditawar Manchester United. Hanya, Barca menolak melepas Fati ke MU.