Bagikan:

JAKARTA – Cabang olahraga golf dipastikan tidak berpartisipasi di ajang Asian Games 2023 Hangzhou yang mulai digelar 23 September hingga 8 Oktober nanti.

Alasan cabor itu tidak bisa ikut disampaikan oleh Ketua Komite Olimpiade Indonesia Raja Sapta Oktohari dalam pengukuhan kontingen Indonesia di Balauring Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa, 19 September.

"Bahwa golf dengan memaksakan diri mengingat mekanisme dalam proses penghitungan poin tidak memungkinkan kita untuk mendapatkan tempat atau perolehan medali," kata dia.

“Kami berterima kasih kepada pengurus besar golf Indonesia yang akhirnya bisa mengalir dan juga secara konsisten memberikan yang terbaik untuk Indonesia,” sambung dia.

Tanpa golf membuat Indonesia hanya mengirimkan 30 cabor dan 413 atlet ke ajang empat tahun itu. Dalam perkiraan sebelumnya yang mengikutsertakan golf, Indonesia seharusnya mengirimkan 415 atlet dan 31 cabor.

Sementara itu, saat pengukuhan kontingen Indonesia, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo berpesan agar semua atlet yang dikirim Indonesia harus menjunjung sportivitas tinggi.

“Kita sebagai simbol dari NKRI di sana harus menunjukkan sikap-sikap keindonesiaan kita. Dan yang terpenting fokus dan meraih medali emas sebanyak-banyaknya,” ujar dia.

Di ajang Asian Games tahun ini Indonesia berangkat dengan target membawa pulang 12 medali emas. Jumlah itu menyusut jadi dibanding edisi sebelumnya saat Indonesia menjadi tuan rumah.

Menurunkan target itu karena cabang olahraga pencak silat yang meraih hampir setengah dari medali emas Indonesia di Asian Games 2018 tidak dipertandingkan pada tahun ini.

“Saya juga ingin menyampaikan kepada masyarakat bahwa terakhir Asian Games kita adalah tuan rumah dan hari inilah kita diuji sebagai peserta di negeri asing. Jadi, akan banyak perbedaan salah satu yang paling signifikan adalah tidak dipertandingkan cabor pencak silat,” kata Dito.

“Jadi pasti perolehan medali ada perubahan tapi kita dengan target kita 12 medali emas dan finis di 17 besar. Saya merasa apa yang sudah dipersiapkan sudah maksimal dan ada perubahan di cabor golf,” imbuh dia.