Diwarnai Aksi Teatrikal Khas Suarez, Atletico Bangkit Tundukkan Eibar 2-1
Atletico Madrid (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Luis Suarez mencetak brace untuk mengantarkan Atletico Madrid bangkit dan menundukkan Eibar 2-1 dalam laga pekan ke-19 Liga Spanyol di Stadion Ipurua, Kamis waktu setempat (Jumat WIB).

Kedua gol Suarez itu cukup bagi Atletico untuk membalikkan keadaan setelah sempat tertinggal lebih dulu akibat eksekusi penalti kiper Eibar Marko Dmitrovic.

Dmitrovic meninggalkan gawangnya dan dengan sempurna melakoni tugas sebagai algojo tendangan penalti untuk membawa Eibar unggul pada menit ke-12 setelah Yannick Carrasco menjatuhkan Yoshinori Muto.

Keunggulan itu raib lima menit jelang turun minum ketika Suarez mengejar bola muntah hasil sapuan Sergio Alvarez yang membentur Marcos Llorente dan melepaskan penyelesaian ke area tiang jauh untuk membuat kedudukan imbang 1-1.

Pertandingan berlalu tanpa banyak peluang berarti sampai akhirnya Dmitrovic dipaksa melakukan penyelamatan atas tembakan mendatar Joao Felix pada menit ke-86.

Dua menit berselang, Suarez melakukan aksi teatrikal khasnya setelah berbenturan dengan Anaitz Arbilla di dalam kotak penalti tuan rumah yang segera disambut wasit Mario Melero Lopez dengan menunjuk titik putih.

Setelah berkonsultasi dengan VAR, hadiah tendangan penalti itu tetap berlaku dan Suarez yang menjadi algojo mengeksekusinya dengan tendangan panenka untuk memperdaya Dmitrovic sekaligus membawa Atletico berbalik memimpin 2-1.

Drama pertandingan berlanjut ketika pada menit ketiga injury time Felipe yang melakukan sundulan sapuan malah membuat bola mengenai lengan rekannya, Stefan Savic, di dalam kotak penalti memantik tuntutan hadiah tendangan 12 pas dari para pemain Eibar.

Alih-alih menghadiahi tendangan penalti, aksi protes Eibar malah berujung kartu kuning untuk Alejandro Pozo dari wasit Melero Lopez dan Atletico mengunci kemenangan mereka.

Hasil itu membuat Atletico semakin mantap di puncak klasemen dengan koleksi 44 poin, unggul tujuh poin atas pesaing terdekat Real Madrid (37), disertai satu laga simpanan yang belum dijalani, sedangkan Eibar (19) tertahan di urutan ke-15, demikian catatan laman resmi Liga Spanyol.

Dalam pertandingan lain berlangsung lebih awal, Valencia cukup beruntung mengantungi satu poin setelah main imbang 1-1 melawan Osasuna di Mestalla.

Valencia tertinggal lebih dulu akibat gol Jonathan Calleri untuk Osasuna tiga menit jelang turun minum dan membutuhkan bantuan gol bunuh diri Unai Garcia untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-69.

Hasil itu membuat posisi kedua tim tak berubah di klasemen, Valencia di urutan ke-14 dengan koleksi 20 poin dan Osasuna (16) di peringkat ke-19.