SEA Games 2023: Kamboja Dilibas, Tim Bulu Tangkis Beregu Putri Indonesia Bisa Jadikan Filipina Korban Selanjutnya di Semifinal
Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia, Komang Ayu Cahya Dewi, saat mengalahkan pebulu tangkis Kamboja, Phon Chenda, di perempat final tim beregu putri SEA Games 2023 Kamboja, di Morodok Techo, Selasa 9 Mei 2023/PBSI

Bagikan:

JAKARTA – Tim bulu tangkis beregu putri Indonesia sukses mencapai babak semifinal SEA Games 2023 Kamboja. Mereka melangkah sejauh itu setelah menghentikan tuan rumah Kamboja.

Indonesia lolos ke babak semifinal setelah menang atas Kamboja dengan skor telak 3-0 di Morodok Techo, Selasa 9 Mei 2023. Selanjutnya, tim Merah Putih akan bersua Filipina pada Rabu, 10 Mei pukul 10.00 WIB.

Filipina sendiri sukses mencapai semifinal setelah membuat kejutan dengan mengalahkan Malaysia dengan skor telak 3-0.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI Rionny Mainaky berpesan agar para pemain bisa menampilkan permainan yang penuh percaya diri pada laga besok. Mereka juga diminta tidak perlu memikirkan kejutan yang dibuat Filipina.

"Untuk besok karena persiapan sudah bagus, saya berharap para pemain bisa tampil dengan keyakinan dan kepercayaan diri yang tinggi. Saya rasa kami bisa mengatasi perlawanan tim Filipina," kata Rionny dalam keterangan yang diterima.

Saat menggilas tuan rumah Kamboja, perjalanan manis Indonesia dimulai dari kemenangan tunggal putri Komang Ayu Cahya Dewi atas Phon Chenda 21-4, 21-4.

Ganda putri Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi kemudian menggandakan skor lewat kemenangan 21-15, 21-12 atas Chheng Huy/Seavty Teav. Ester Nurumi Tri Wardoyo akhirnya menutup kemenangan Indonesia dengan mengungguli Heang Leakhena 21-6, 21-8.

"Saya melihat tunggal pertama, ganda pertama dan tunggal kedua bermain cukup bagus. Memang terlihat dari pemanasan juga bagus dan mereka tidak ragu-ragu. Saya harapkan besok tampil lebih bagus lagi," ucap Rionny.

Perhatian khusus juga diberikan Rionny kepada para pemain yang tidak sempat turun berlaga. Kakak dari Rexy Mainaky itu pun memberikan program latihan agar kondisi pemainnya tetap terjaga.

"Tadi memang ada beberapa pemain kami yang tidak sempat turun, jadi tadi mereka saya berikan program latihan sekitar satu jam untuk menjaga kondisi dan performanya stabil. Karena satu hari saja tidak latihan atau bertanding pasti berpengaruh," kata Rionny.

Selain tim putri, tim putra juga akan bertanding di babak semifinal besok. Chico Aura Dwi Wardoyo cs akan bersua Singapura di lapangan satu pada pukul 12.30 WIB.