Daftar 5 Perguruan Pencak Silat Terbesar di Indonesia yang Punya Banyak Cabang
Ilustrasi pencak silat (Dan Burton on Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Penca ksilat adalah seni bela diri tradisional yang berasal dari berbagai penjuru Tanah Air. Bela diri ini diwariskan secara turun temurun dan menjadi salah satu tradisi yang patut dilestarikan. Hingga saat ini ada banyak perguruan pencaksilat terbesar di Indonesia yang masih lestari dan terus diajarkan.

Perguruan Pencak Silat Terbesar di Indonesia

Peran pencak silat saat ini tidak hanya sekadar seni bela diri, namun menjadi salah satu cabang olahraga yang diakui oleh Pemerintah Indonesia. Bahkan, pencak silat mulai diakui oleh dunia karena peran pegiatnya di kompetisi internasional.

Atlet pencak silat yang berprestasi di dunia lahir dari perguruan besar di Nusantara. Berikut ini beberapa perguruan pencak silat besar yang familiar di telinga masyarakat.

  1. Persaudaraan Setia Hati Terate

Persaudaraan Setia Hati Terate atau PSHT adalah salahs atu perguruan pencak silat yang banyak diikuti oleh masyarakat di Indonesia, terutama di Jawa Timur. PSHT lahir pada 1922 dan dibentuk oleh Ki Hadjar Hardjo Oetomo.

Perguruan ini juga jadi salah satu perguruan yang ikut mendirikan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) pada 15 Mei 1948. Cabang perguruan ini tidak hanya di Indonesia, namun di luar negeri seperti Rusia, Timor Leste, Belanda, Malaysia, Jepang, Korea Selatan, dan masih banyak lagi.

  1. Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri

Kelatnas Indonesia Perisai Diri adalah organisasi sekaligus perguruan pencak silat yang didirikan oleh R.M. Soebandiman Dirdjoatmodjo. Perguruan ini jadi salah satu yang tertua karena didirikan pada 2 Juli 1955 di Surabaya, Jawa Timur.

 

 

 

 

 

Teknik silat perguruan ini menggabungkan aliran silat dari berbagai daerah di Indonesia dengan aliran Shaolin (Siauw Liem) yang berasal dari Tiongkok. Perguruan ini menekankan teknik yang efektif dan efisien untuk melumpuhkan lawan baik dengan atau tanpa senjata.

  1. Tapak Suci Putera Muhammadiyah

Tapak Suci Putera Muhammadiyah tidak hanya menjadi salah satu perguruan terbesar di Indonesia, namun menjadi salah satu perguruan tertua di Nusantara. Tapak Suci didirikan pada 31 Juli 1963 di Kauman, Yogyakarta. Tapak suci berdiri di bawah naungan Persyarikatan Muhammadiyah, organisasi keagamaan yang turut membantu perjuangan kemerdekaan Indonesia.

 

 

 

 

 

Lihat postingan ini di Instagram

Dalam pengajaran ilmunya, perguruan Tapak Suci lebih menekankan ketangkasan jurus atau bisa disebut memiliki karakter full body contact. Hal ini jadi salah satu daya tawarnya untuk masyarakat modern hingga saat ini, baik di Indonesia maupun internasional.

  1. Ikatan Keluarga Silat Putra Indonesia Ikatan Kera Sakti

Perguruan pencak silat ini sering disingkat dengan nama IKSPI Kera Sakti. Dibentuk pada 15 Januari 1980 di Madiun, Jawa Timur. IKSPI menjadi salah satu perguruan silat terbesar dan tertua.

 

 

 

 

 

Lihat postingan ini di Instagram

Salah satu daya tarik perguruan ini adalah memadukan silat Nusantara dengan kungfu, seni bela diri dari Tiongkok. Selain itu IKSPI juga menekankan pada kerohanian para pesertanya.

  1. Perguruan Silat Pagar Nusa

Pagar Nusa adalah perguruan pencak silat yang dikembangkan oleh warga Nahdlatul Ulama (NU).  Perguruan ini jadi salah satu yang terbesar karena banyak warga NU yang mempelajari ilmu bela diri ini. Tidak hanya terbesar, Pagar Nusa yang menjadi bagian dalam Ikatan Pencak Silat Nahdlatul Ulama (IPS-NU) menjadi salah satu yang tertua di Nusantara karena didirikan pada 3 januari 1986 di Kediri, Jawa Timur.

 

 

 

 

 

Lihat postingan ini di Instagram

NU sendiri sangat berkaitan erat dengan perjuangan masyarakat Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan RI. Kini Pagar Nusa tidak hanya dipelajari di Indonesia, namun di beberapa negara lain seperti Azerbaijan, Austria, Tunisia, Maroko, Mesir, bahkan Swiss.

Itulah informasi terkait perguruan pencak silat terbesar di Indonesia. Untuk informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.